3 kg visceral fat saja setara 27.000 kcal energi. Bisa buat 10 kali full marathon.. 😅😅.. lalu kenapa kita ga bisa make terus aja cadangan energi berbentuk lemak brengsek ini? ~thread~
Salah satunya karena evolusi, jaman purba dulu makanan gak bisa tinggal mencet hp trus dateng. Manusia tuh bisa berhari2 ga ketemu makanan. Tubuh pun menyesuaikan diri dengan membuat mekanisme penyimpanan energi sebanyak mungkin untuk cadangan menghadapi kelaparan jangka panjang.
Perkenalkan Insulin. Selain masukin glukosa ke sel, hobinya juga menyimpan sebanyak mungkin energi dari makanan dalam bentuk glikogen dan lemak. Glikogen disimpan di hati dan otot. Tapi kan tempatnya terbatas yak..
Nah insulin ini parnoan, gak mau kelaparan berhari2 kayak jaman purba dulu kejadian lagi. Akhirnya energi dalam bentuk lemaknya disimpen di gudang yang paling gede, iyes rongga perut. Just in case kata insulin..
Insulin ini ga rela cadangan lemak ini dipake buat energi, medit banget anjir.. Jadi tiap hari kebutuhan energi diambil langsung dari makanan, atau dari glikogen di hati dan otot.
Udahlah medit, gak mau rugi pula, tiap makan kan ga mungkin semua langsung dipake jadi energi tuh nutrisinya, diambil ama insulin lah, disimpen lagi dalam bentuk lemak. hadeh, makin numpuk di perut.. Sedih.
Yang kita butuhkan biar insulin gak semena2? Perkenalkan glukagon. Pelopor glikogenolisis. Mecah cadangan energi di hati, otot, lemak biar bisa jadi glukosa buat bahan bakar sel.
Nah masalahnya glukagon ini sopan banget set dah, dia ga mau beraksi kalo insulin masih beredar.. Untuk ubah cadangan energi pun dia tertib banget, pake urutan. Ga akan lemak dipecah ama dia selama masih cukup cadangan di hati dan otot.. 🥲
Ada cara gak untuk ngurang2i kerja insulin dalam tubuh? Biar glukagon bisa kerja gitu.. Ada, dengan puasa. Orang kalo puasa ga berasa lapar karena sumber energinya dah diswitch.. Dari metabolisme gula, menjadi metabolisme lemak. Yang melimpah ruah dalam tubuh.
Cara lain ada? ada juga. Bikin sel kita butuh energi banyak. Tingkatkan aktivitas fisik. Dibarengin puasa, jos lah.
Btw kenapa sih kok visceral fat ini kudu dihindari? ya karena sebenernya dia bukan sekadar onggokan lemak semata teman-teman. Melainkan merupakan juga sebuah pabrik besar pembuat hormon, sel inflamasi dll yg jika berlebih dalam tubuh.. Mudharatnya lebih banyak dari manfaat.
Efek buruk lemak visceral berlebih jtu sampai ke penyakit kardiovaskuler, diabetes, kanker, penyakit degeneratif dll dll.. Ada manfaatnya? ada. Buat bantalan organ dalam biar pewe dan juga buat cadangan energi. hehe.
Taunya lemak visceral berlebih dari mana? paling gampang lewat ukur lingkar perut. Kita kelebihan lemak visceral jika LP > 90cm untuk lakik, dan >80 cm untuk cewek. Ngukurnya ga pake tahan napas perut ya, jangan curang.
You can follow @sdenta.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.