Gara-gara ocehan Nadin di podcast, tidak sedikit yang mengaku kecewa terhadapnya, termasuk dari mereka yang mendengarkan lagu-lagunya.

Yang Nadin alami ini mengingatkanku pada fenomena cancel culture. Apakah ini hal yang baik atau malah toksik?

#Thread
Urban Dictionary mencatat 16 definisi berbeda perihal cancel culture atau yang dulunya disebut call-out culture. Tapi secara sederhana, cancel culture bisa diartikan sebagai usaha kolektif masyarakat untuk ‘memboikot’ seseorang atas perbuatan atau perkataannya.
Kembali ke pertanyaan di awal, apakah cancel culture ini gerakan yang baik atau buruk? Kalau tergantung, tergantung apa tuh?
Baik dan buruk di sini mengarah pada apakah cancel culture bisa menjadi metode aktivisme online yang tepat dalam memperluas partisipasi publik.
Di satu sisi, orang awam bisa berpartisipasi dalam memboikot tokoh publik yang bermasalah. Namun, di sisi lain, bisa mengarah pada penghakiman dan moral witch-hunting yang belum tentu akurat.
Pandangan ini menyatakan bahwa kita perlu memproblematisir perilaku buruk seseorang. Cancel culture membuat kita memiliki kuasa dan dapat dipergunakan untuk pengaruh tertentu.
Tapi di sisi lain, cancel culture juga dianggap toksik dan bersifat destruktif ketimbang konstruktif. Natalie Wynn melihat cancel culture tidak begitu memiliki konsekuensi nyata pada masyarakat kelas atas karena mereka memiliki banyak dukungan.

Justru sebaliknya, budaya ini bisa sangat berdampak pada masyarakat kelas bawah. Barrack Obama berpendapat, cancel culture hanya membuat orang semakin mudah menghakimi orang lain. Bahanya, ketika alasan penghakimannya ternyata keliru. https://www.nytimes.com/2019/10/31/us/politics/obama-woke-cancel-culture.html
Jadi baik atau buruk tergantung bagaimana kebudayaan ini dipakai. Mengutip Natalie di atas, cancel culture ibarat hukuman guillotine versi abad 21. Di satu sisi hukuman ini memenggal tiran dan memberikan keadilan bagi rakyat. Tapi sekaligus jadi pertunjukan hiburan yang sadistik.
You can follow @remotivi.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.