1. Listyo Sigit Prabowo cakapolri yang kristiani

by. Erizeli Jely Bandaro
Setelah check in saya menuju lounge executive, smooking room. Sambil merokok dan menikmati secangkir kopi, saya melihat ada seorang pria duduk tepat di depan saya. Dia berpakaian dinas polisi. Ada bintang di pundaknya. Entah mengapa dia tersenyum menatap saya.
@joentakriver
Saya mengangguk sebagai tanda hormat. Tak berapa lama ada bule yg minta dia menggeser duduknya. Karena colokan listrik ada di samping pria itu. Bule itu mau charge baterai hapenya. Pria itu bukan hanya menggeser duduknya tetapi malah membantu bule itu mencolokan kabel ke listrik.
Wajahnya tetap berhias senyum. Sempat terjadi dialogh dalam bahasa inggris yang sempurna.

Saya tahu pria itu adalah Listyo Sigit Prabowo. Ketika itu dia Kapolda Banten ( 2016). Yang membuat saya respect adalah sikap sederhana dan ramahnya.
@b3doel_
@denni_loyz
Tidak ada kesan arogansi karena bintang di pundaknya. Ajudan pun hanya satu orang yang ikut dia traveling. Yang membuat saya terkejut dia terbang dengan ekonomi class. Keberadaannya di lounge executive airline bukan karena ticketnya tetapi lebih karena jabatannya.
@cakilbuto1978
Karena itupun dia tidak minta di hormati berlebihan. Justru dia menaruh hormat kepada penumpang yang ada di lounge executive yang punya ticket business class.

Walau awalnya ada penolakan dari MUI Banten alasan Sigit beragama kristen, namun dalam melaksanakan tugasnya....
Sbgai Kapolda, Sigit berhasil meyakinkan MUI bahwa dia sahabat umat islam di Banten. Waktu ada demo 411 dn 212, Kapolda Banten mengirim tim Brimob bukan yg bersenjata. Tetapi polisi yg tergabung dlm tim Brimob Asmaul husna. Jadi demo 411 dan 212 dihadapi dgn polisi yg berzikir.
Sigit memang bukanlah lulusan terbaik Akpol, peraih Adhi Makayasa seperti Tito Karnavian. Sepanjang karirnya sbg jenderal polisi, Sigit hny menjabat sbgai Kapolda Banten (2016-2018), bukan Polda kelas A seperti Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Metro Jaya.
Ketika dia jadi kapolres Surakarta, dan Jokowi jadi Walikota, hubungan mereka sangat dekat. Itu lebih karena sikap Sigit yg rendah hati dan sederhana. Mereka berdua punya chemistry yg sama. Dan akhinya ketika Jokowi jadi presiden, tentu wajar saja bila meminta Sigit jadi ajudan.
Sigit memang bukan muslim. Tetapi negara ini bukan negara agama. Semua anak bangsa berhak mendapatkan kepercayaan sbg pemimpin, termasuk Kapolri. Kalau Sigit terpilih sbg Kapolri oleh DPR maka dia Kapolri kedua yg kristiani. Sebelumnya adalah Jenderal (purn) Widodo Budidarmo.
You can follow @najwa_fais.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.