oke geng, karena selama 2020 gue kebanyakan nonton series, gue mau bikin daftar ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ฒ๐˜€ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฎ๐—ถ๐—ธ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ด๐˜‚๐—ฒ ๐˜๐—ผ๐—ป๐˜๐—ผ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฌ.

// ๐™– ๐™ฉ๐™๐™ง๐™š๐™–๐™™ //
sebelumnya mau kasih disclaimer kalo banyak series acclaimed yang belum gue tonton.

jadi kalo kalian gak nemu judul kayak the crown, the mandalorian, mrs. america, devs itu karena gue belum nonton. bukan karena gue ga suka
30 // ๐™ก๐™ค๐™ซ๐™š ๐™ก๐™ž๐™›๐™š

love story emang paling gampang untuk di-digest. di love story gw senang banget bisa ngeliat perjalanan cinta anna kendrick dari ketika dia bocah sampe gede. semua flavor ada disini. dari lucu, romantis, sedih sampe dramatis. ringan tapi ga cetek. love it
29 // ๐™›๐™ก๐™ž๐™ฅ๐™ฅ๐™š๐™™

suami istri paling halu sedunia merasa bahwa mereka bisa jadi bintang acara make-over rumah. ketika mereka nemu duit punya gembong narkoba, mereka make duit itu buat acara halu mereka. tolol luar biasa tapi menghibur luar dalam. so much fun.
28 // ๐™ข๐™ค๐™™๐™š๐™ง๐™ฃ ๐™ก๐™ค๐™ซ๐™š

setiap episode gue berkenalan dengan cerita-cerita cinta yang baru. beda dengan love life yang jauh lebih fun, yang ini jauh lebih serius. tapi tetap sama-sama menggugah. jangan lupa siapin tisu karena modern love kadang suka rese bikin nangis :(
27 // ๐™š๐™ข๐™ž๐™ก๐™ฎ ๐™ž๐™ฃ ๐™ฅ๐™–๐™ง๐™ž๐™จ

yeah i know its so bad. but it's also charming. emily in paris kayak gula. you know its bad for you tapi tetep aja lo jejelin every day.

dan kadang ketika lo lagi pusing sama dunia yang ga bersahabat, nonton series kayak gini adalah obat
26 // ๐™ก๐™ž๐™ฉ๐™ฉ๐™ก๐™š ๐™–๐™ข๐™š๐™ง๐™ž๐™˜๐™–

little america is like a lil capsule of life yang sangat precious. cerita para imigran amerika dari berbagai macam background ini adalah salah satu slice-of-life terbaik tahun ini. menghangatkan tapi juga kadang sendu. it's a must.
25 // ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™š๐™ง๐™จ๐™ฉ๐™ค๐™ง๐™š

nggak ada storyline tentang pandemi covid-19 yang jauh lebih essential dan jauh lebih kocak dari superstore. menyaksikan para pegawai cloud 9 ngadepin environment yang ancur ditambah customer yang kebanyakan kayak tai menjadikan season ini kocak parah
24 // ๐™ ๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™™๐™ค๐™ข

nge-remix genre zombie dengan period pieces adalah keputusan jenius yang pernah netflix lakukan. oh ditambah lagi season ini kita ketemu sama kegilaan cersei lannister versi korea yang nggak kalah cold-blooded. that scene, OH MY GOD. chilling.
23 // ๐™ช๐™ฃ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™๐™ค๐™™๐™ค๐™ญ

unorthodox adalah salah satu coming-of-age story paling badass yang gue tonton tahun ini. dan dia sama sekali nggak kompromi. shira haas single-handedly megang series ini jadi lebih dari sekedar powerful. fantastic job.
22 // ๐™ฃ๐™š๐™ซ๐™š๐™ง ๐™๐™–๐™ซ๐™š ๐™ž ๐™š๐™ซ๐™š๐™ง

serahkan kepada netflix untuk selalu mensuplai gue dengan tontonan gemas. never have i ever menjadi kejutan karena walopun semua resep yang dia pake sangat generik tapi dia berhasil ngolah dengan bumbu baru jadi rasanya fresh. yum.
21 // ๐™ก๐™ค๐™ซ๐™š๐™˜๐™ง๐™–๐™›๐™ฉ ๐™˜๐™ค๐™ช๐™ฃ๐™ฉ๐™ง๐™ฎ

part mystery, part body horror. ditambah dengan bumbu-bumbu tentang racial issues yang tetap relevan. lovecraft country nggak ada hak untuk menjadi sebuah roller coaster yang begitu deep and yet, here we are.
20๐™– // ๐™ฉ๐™๐™š ๐™š๐™™๐™™๐™ฎ

gue ngaku, butuh waktu banget untuk bisa ngelarin the eddy. tapi seperti halnya musik jazz yang membutuhkan certain taste untuk enjoy, series ini lama-lama nyandu. yang gue admire adalah bahkan gaya bertutur series ini kayak jazz alias ngalir aja bos
20๐™— // ๐™ฃ๐™ž๐™ ๐™ ๐™ž ๐™›๐™ง๐™š๐™จ๐™

nicole richie disini jadi nikki fresh. komedi gila ini bercerita tentang nikki fresh, seorang nicole richie yang kesurupan gwyneth paltrow dan pengen raise awareness tentang holistic life dengan... trap music. weird? yeah but it also super amazing
19 // ๐™–๐™ซ๐™š๐™ฃ๐™ช๐™š 5

series dari armando iannucci ini bercerita tentang seorang kapten dan para penghuninya yang naik kapal mengelilingi luar angkasa. kalo lo liat veep atau the thick of it, of course craziness ensues. dibalik ketololannya, avenue 5 lebih bleak dari yang gw kira
18 // ๐™ง๐™–๐™ข๐™ฎ

season kedua ramy menurut gue nggak sestrong season pertamanya. and yet ada dua episode di season ini yang sungguh luar biasa. yang pertama adalah tentang nyokap ramy dan yang kedua tentang omnya. you know the one. it's unbelievably good.
17 // ๐™–๐™ฌ๐™ ๐™ฌ๐™–๐™›๐™ž๐™ฃ๐™– ๐™ž๐™จ ๐™ฃ๐™ค๐™ง๐™– ๐™›๐™ง๐™ค๐™ข ๐™ฆ๐™ช๐™š๐™š๐™ฃ๐™จ

terima kasih kepada awkwafina is nora from queens yang telah mengisi kekosongan broad city di hatiku. karena yang megang orang yang sama, feelnya sama meskipun kali ini awkwafina menekankan ke family relationship
16 // ๐™ฉ๐™๐™š ๐™œ๐™ค๐™ค๐™™ ๐™›๐™ž๐™œ๐™๐™ฉ

di musim keempatnya the good fight makin liar dalam mengaburkan antara dunia nyata dan fiksi. apakah benar kalo epstein ternyata begitu? atau itu hanya karangannya suami istri king? but who cares, the show rocks fucking ass.
15๐™– // ๐™ฌ๐™š ๐™–๐™ง๐™š ๐™ฌ๐™๐™ค ๐™ฌ๐™š ๐™–๐™ง๐™š

serahkan kepada luca guadagnino untuk bikin series tentang anak-anak muda yang keliatannya aimless tapi ternyata if u look closer sangat deep. kalo lo cinta mati sama call me by your name lo harus liat ini karena ini sebenernya sepupunya
15๐™— // ๐™ฉ๐™๐™š ๐™œ๐™ง๐™š๐™–๐™ฉ

nggak ada series tahun ini yang bikin gue ketawa uncomfortable sekenceng gue nonton the great. skripnya sih udah gila ya (yang bikin the favourite). penuh dengan dry wit. tapi yang bikin semua itu bernyanyi adalah duet fanning sama hoult yang win win
14 // ๐™—๐™š๐™ฉ๐™ฉ๐™š๐™ง ๐™ฉ๐™๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™จ

adakah series slice-of-life yang tiap episodenya menampilkan nothingness and yet emosinya all over the place in the best way possible selain better things? jawabannya nggak ada. i dont know how she does it but pamela adlon is a true star.
13 // ๐™๐™ž๐™œ๐™ ๐™ข๐™–๐™ž๐™ฃ๐™ฉ๐™š๐™ฃ๐™–๐™ฃ๐™˜๐™š

nonton high maintenance rasanya kayak nongkrong sama temen lama. kita diajak untuk ketemu dengan orang-orang baru. ngomongin soal hidup, soal cinta, soal kita. satu-satunya kekurangan series ini adalah gw pen ikut giting tapi ga bisa :(
12 // ๐™ฅ๐™š๐™ฃ15

secara konsep agak aneh ya dua orang dewasa memerankan anak smp. tapi yang lebih aneh lagi ternyata ketika lo tonton hal itu gak aneh. dan malah justru pas. maya sama anna ga hanya berhasil capture awkwardness remaja tapi juga semua feelnya. gila sih.
11 // ๐™ฉ๐™๐™š ๐™›๐™ก๐™ž๐™œ๐™๐™ฉ ๐™–๐™ฉ๐™ฉ๐™š๐™ฃ๐™™๐™–๐™ฃ๐™ฉ

kaley cuoco membuktikan dengan keras dan lantang bahwa dia bukan penny. dia seorang aktor serius. dan di flight attendant dia menunjukkan itu semua sebagai pramugari yang bangun bangun liat mayat. seru, kocak, menegangkan, liar. fun!!
10 // ๐™จ๐™ฉ๐™–๐™ง๐™ฉ-๐™ช๐™ฅ

like there's no way in hell gue nggak masukin satu-satunya drakor yang bikin gue mewek tiap weekend di list ini. start-up nggak hanya single-handedly memporak-porandakan timeline tapi dia juga bikin semua orang mendadak pengen kerja di start-up (1)
yes, big drawnya adalah cinta segitiga. tapi banyak hal ditawarkan di drakor ini. siblings rivalry, family issues, pembuktian diri ke orang tua, persaingan di tempat kerja and more importantly: friendship

start-up bikin gue kangen sama samsan tech and they're all fictional. fuck
9 // ๐™ฃ๐™ค๐™ง๐™ข๐™–๐™ก ๐™ฅ๐™š๐™ค๐™ฅ๐™ก๐™š

cinta pertama katanya paling megang. at least normal people memberi tahu gue itu. bahwa cinta pertama adalah sesuatu yang lumayan sacred. ada banyak kisah tentang cinta remaja tapi baru kali ini gue liat yang emosinya paling raw and naked.
8 // ๐™™๐™–๐™ซ๐™š

awalnya gue kira dave hanyalah sitkom biasa tentang rapper apalah. tapi semakin kesini dave berubah menjadi jauh lebih deep dan jauh lebih personal dari apa yang dia tawarkan. yes, all the stupid jokes are all there. tapi relationshipnya juga ada.
7 // ๐™—๐™ค๐™Ÿ๐™–๐™˜๐™  ๐™๐™ค๐™ง๐™จ๐™š๐™ข๐™–๐™ฃ

bojack horseman harusnya belum selesai ceritanya, itu kata kreatornya. tapi at least netflix udah ngasih edisi goodbye. dan pembuatnya nggak menyia-nyiakan ini. musim terakhirnya sungguh pedih bos. nggak ada kompromi. sesuai dengan brand-nya.
6 // ๐™๐™ž๐™œ๐™ ๐™›๐™ž๐™™๐™š๐™ก๐™ž๐™ฉ๐™ฎ

no one asked for this and yet, gue berterima kasih kepada zoe kravitz dan semua cast dan kru untuk membuat series ini ada. fakta bahwa series ini dicancel membuat high fidelity jauh lebih precious. sumpah gue kangen banget sama rob and the gang.
5 // ๐™ฉ๐™๐™š ๐™—๐™ค๐™ฎ๐™จ

lo belum hidup sampe lo liat dua superhero sakit jiwa ngewe di gang dan pas cowoknya ngecrit, dia ngeremes kepala warga sampe hancur kayak semangka. the boys season 2 makin sinting dan makin gila. munculnya nazi bukannya jadi aneh malah makin jadi seru
4 // ๐™ฉ๐™๐™š ๐™ฆ๐™ช๐™š๐™š๐™ฃ๐™จ ๐™œ๐™–๐™ข๐™—๐™ž๐™ฉ

lo tau betapa bagusnya queens gambit ketika lo sama sekali nggak ada interest sama catur sama sekali and yet ketika anya taylor-joy tanding, lo nggak bisa nafas saking tegangnya. it's a masterful work dari semua departement.
3 // ๐™ฉ๐™๐™š ๐™ฌ๐™ค๐™ง๐™ก๐™™ ๐™ค๐™› ๐™ฉ๐™๐™š ๐™ข๐™–๐™ง๐™ง๐™ž๐™š๐™™

apa yang membuat drakor ini lebih fenomenal dari drakor yang pernah gue liat? jawaban gue adalah keberaniannya.

dia ngangkat tema rumah tangga dan treatmentnya kayak film thriller bunuh-bunuhan. tegang dari awal sampe akhir (1)
dan sama sekali nggak ngasih jeda untuk nafas. camera worknya ngintip-ngintip manja, mengajak penonton ikut berdosa karena dipaksa liatin kehidupan rumah tangga orang yang harusnya nggak kita liat.

directing, scriptwriting, music and acting? wow.
2 // ๐™ž ๐™ข๐™–๐™ฎ ๐™™๐™š๐™จ๐™ฉ๐™ง๐™ค๐™ฎ ๐™ฎ๐™ค๐™ช

i may destroy you bukan sekedar series. ini adalah upaya untuk therapy. membersihkan diri sendiri. penonton diajak untuk menyaksikan semua trauma ini berkumpul jadi satu. nggak nyaman? yes. but if you decided to stay, it's very rewarding.
1 // ๐™ฉ๐™š๐™™ ๐™ก๐™–๐™จ๐™จ๐™ค

ted lasso adalah series yang dibutuhkan semua orang di tahun 2020. di tahun dimana lo dikelilingi sama uncertainty, ted lasso menawarkan pelukan hangat dan optimisme yang sungguh-sungguh menginspirasi. gue nangis tiap episode. bukan karena gue sedih. (1)
tapi karena gue nangis bahagia.

ada ya orang yang setelah dikasih tau kalo dia hanya jadi alat tapi malah endingnya bilang "gue maafin lo kok". ya ampun baik banget kamu mz.

ted lasso is not just a comedy series. ini adalah hadiah buat kita semua.
thank you guys yang udah baca disini. jangan lupa like, subscribe, follow.

terakhir: ๐™๐™–๐™ฅ๐™ฅ๐™ฎ ๐™๐™ค๐™ก๐™ž๐™™๐™–๐™ฎ๐™จ ๐™–๐™ก๐™ก ๐ŸŽ„๐Ÿคถ๐ŸŒฒโœจโ˜€๏ธ
You can follow @BapaknyaRico.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword โ€œunrollโ€ to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.