Curhat tipis-tipis sekalian nanya lah ya. Berapa banyak sudah permasalahan hidup kalian yang bermula dari kurangnya kepercayaan diri?

Kalo aku sendiri, setelah mikir panjang, baru sadar kalau sebagian besar masalahku (dulu) berawal dari sana.
Dulu sempet punya pola pikir “Harus tau kapasitasmu sendiri.” Niatnya supaya aku nggak ngerasa terbebani, supaya efektif juga karena ya buat apa ngelakuin hal-hal yang jelas kita nggak bisa, kan?

Tapi realitanya seringkali aku pesimis, nyerah sebelum mulai karena pemikiran itu.
Ditanya, nyesel apa nggak kehilangan banyak kesempatan?

HHAHAHA bgt 😭👍

Semakin kesini banyak ketemu orang keren & aku mikir sebenernya aku bisa kaya mereka andai dulu aku ga nyia-nyiain kesempatanku 😭👍
Terus mulai mikir, aku 19 taun, dan aku nggak bakal 19 taun selamanya. Bakal ada banyak banget hal yang keren dilakuin anak 19 taun tapi gak keren-keren amat dilakuin orang yang udah kepala 3.

“ih keren ya 19 taun jago debat”
“lu 30 taun debat mulu kaga ada kerjaan ape”

asu
Pernah gak sih kejebak di toxic relationship dan kalian jadi toleran banget sama perlakuan gak pantes yg ditujukan ke kalian karena.. “aku ga tau nanti kalo pisah akan dapet yang sebaik dia apa engga”
Enggak, bukan salah kalian kok, cuma mau ngingetin aja kalo jalan termudah untuk memanipulasi orang lain adalah dengan memanipulasi cara mereka melihat dirinya sendiri.
Dan permasalahan yang bermula dari kurangnya-kepercayaan-diri ini gak selalu ngebuat kita berada di posisi korban lho. Jangan salah.

Berapa banyak dari kalian yang pernah secara nggak rasional jadi gak suka sama orang lain cuma karena mereka lebih baik dari kita?
Pernah gak sih dikecewain sama orang/keadaan terus jadi pesimis sama hidup dan akhirnya insecurity itu diproyeksiin ke orang lain yang lagi bahagia?

“Elah ngapain si post foto mulu tar juga putus”
“Gausah norak pake almet kasian yg ga keterima”
Berapa kali u push people away karena u merasa gak deserve kebaikan dari mereka? Berapa kali u jiper waktu pdkt karena u merasa ga pantes buat dia?

Berapa kali u merasa ga pantes dapet hal-hal baik? Berapa kali u mundur karena takut ekspektasi u ga sesuai sama realita?
Berapa kali kamu menghindari sakit hati tapi dalam prosesnya kamu malah menyakiti orang lain?
Kaga ada dah yang suka kegagalan. Cuma ya.. emang lu mau hidup dipenuhi rasa penasaran gimana kalau ternyata waktu itu lu coba ambil langkah dan akhirnya berhasil?

Bayangin idup lu cuma ngandai-andai aja, mending tidur dah gua kalo mau mimpi terus.
sekalinya tidur mimpi diselingkuhin, kan anjing yak?
Kesel aja gitu kalo udah berani ambil langkah terus malah gagal. Masih suka mikir “hadeh mending waktu itu aku tidur aja biar gak boros energi buat yang sia-sia”

Padahal gak sia-sia juga, hidup ni dah seperti cerita rakyat, banyak pesan moralnya.

Tapi aku tetap tidak bermoral
canda moral

TAPI SERIUS. Feedback dari apapun yang kita jalani tuh ga musti keberhasilan tau. Aku baru sadar setelah kalah beberapa lomba, putus hubungan beberapa kali entah sama pacar/temen, blunder di timeline 🤢🤮 dan banyak gagal-gagal mini lainnya
Kalo u menang terus dalam kehidupan ya u ga bakal tau apa yang harus diimprove dari diri u sendiri

Tar kalo competition harus begini lah, kalo ketemu orang yang sifatnya ini harus berlaku begitu lah, dan lain sebagainya

U belajar juga jadi ga songong karena u pernah di bawah
Journey to self-recovery memang tidak mudah fren, saya pertama kali nyoba public speaking ya kelarnya nangis di kamar mandi, tapi kalau saya tidak mencoba ya saya sampai sekarang masih socially anxious :”(

seperti membuat adonan kue
konsistensi adalah koentji
Semakin tinggi jam terbang u, semakin menang-kalah terlihat seperti gacha kehidupan 😭😭😭🙏🏻

Karena bakal ada hal-hal ga masuk akal kaya preparation & skillset u bagus tapi u kalah sama si Agung yang anaknya orang dalam

Gpp

Seenggaknya sudah gak kagetan
Gausah lah ini thread pake penutup kaya skripsi, orang ini aku curhat doang lagian u semua ngapain baca sampe akhir 😭😭😭

Aku cuma berharap aja semua kesempatan-kesempatan yang terbuang di taun ini & kemaren-kemaren bisa tergantikan dengan kesempatan lain yang lebih keren 👍
Semoga juga resolusi taun baruan kalian semua mulai dari yang gak masuk akal sampe masuk akal bisa terpenuhi satu persatu.

Aq pribadi pen kaya aja, kalo kaya kesempatan bisa dibeli 😭
Semoga bisa nemuin cara buat berdamai sama diri sendiri, pelan-pelan ngilangin ketakutan yang ada di dalam kepalamu. Progress ga selalu linear kok, ngadat dikit-dikit ra masalah fren.

Usaha pencernaan
🤝
tidak selalu lancar
You can follow @angewwie.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.