drpd pusing2 liatin demo di luar mending baca thread gue kali ini... dijamin anda menjadi menantu idaman ga pake skip pipipipip~
ga deng. kalian wajib tau baik cewe/cowo

☠VAGINAL DISCHARGE THREAD☠
(dibikin lagi soalnya saya langganan suspendđŸ™đŸ»)

TW‌ UNPLEASANT PICTURES
pertama gue ngomongin vaginal discharge yg healthy dulu ya.

ude, itu kemem loe pasti bakal ngeluarin discharge, kek idung lo ada upil. idung dan vagina self cleaning, makanya ada dischargenya.

gabakal mungkin gak ada, kalopun sampe iya itu bisa jadi tanda vaginal dryness
vagina gabakal baunya semerbak gajelas kek bunga atau buah sekalipun dietnya suka makan buah2an terutama berries. yes bisa memengaruhi rasa tapi ga akan signifikan kek sperma. baunya ga amis lebay, kalo sampe iya itu ada masalah. dischargenya tiap minggu bentukannya juga berubah.
oh ya, buat loe yg demen KEMEK KEMEM, JANGAN PROTES YA LOE ANJENG kalo memeque pasangan lu rasanya asem. emang gitu rasanya apalagi pas lagi enggak subur. rasa asemnya baru mendingan dikit pas subur.

kok asem? vagina memproduksi lactic acid, yg berperan menghambat sperma idup.
saat gak subur tingkat keasaman vagina meningkat, ketika subur berkurang asamnya (biar gampang dibuahi).

lactic acid di vaginal discharge berperan buat bunuh bakteri2 buruk lainnya. makanya, pake lactacyd (kalo perlu banget) cukup di labia aje ye gausah masuk lobang vagina.
nah, vaginal discharge itu akan berubah seiring waktu karena hormon lo akan produksi telor buat dibuahi ya bun. kita mulai dari masa setelah haid ya.

biasanya bentukannya gini, kadang masih ada sisa atau terjadi h-1/2 juga sebelom haid. bau anyir ya wajar wong darah....
ini ga akan berlangsung lama ya... kalo tiba2 lebih dr 3 hari baik sebelum atau setelah tanggal haid... ke dokter! kalo terjadi tiba2 di tengah siklus juga perlu dicurigai karena bisa jadi tanda2 HPV bahkan kanker serviks, apalagi kalau gatel dan ada benjolan sekitar/di labia
anyway abis haid level PH vagina tuh tinggi banget. kemudian bentukannya akan begini, level PH masih tinggi. biasanya, akan berbentuk seperti ini, cair, putih, dan mungkin ada gumpalan2 sedikit2. atau mungkin langsung begini. chewy gajelas kek putih telur.
vaginal discharge ga selalu putih bersih atau bening bagaikan hati saat ramadhan ya

kadang agak kekuningan sedikit. indikator masih fine ketika baunya ga nyengat kayak lo buka celana langsung, “setdah ni bau azab ya?!”

kalo muka laki lo ditempelin terus dia baru kecium ya wajar
menuju fase subur atau ovulation day (puncaknya) perlahan2 akan semakin bening warnanya, tapi ada putih dikit. bentuknya akan perlahan semakin cair/watery. ya awal2 pasti bakal kayak telur putih gitu kenyel2 gajelas dan gumpel2 gitu. 😂 tingkat keasaman akan berkurang.
semakin deket ke hari ovulasi akan semakin kayak air. beberapa hari saat subur atau mungkin saat subur bentuknya kayak pic 1&2. ga semua orang saat hari ovulasi bener2 cair kek air kayak pic 3. disini tingkat asam paling terendah (less acidic) dan sperma bisa hidup lebih lama.
usai puncaknya ovulasi/masa subur, perlahan2 vaginal discharge akan kembali kek foto2 sebelumnya berurutan balik lagi dari telur putih dan seterusnya. di satu titik beberapa orang mengalami vaginal discharge yg dry dan clumpy kayak pic 2. bentukan kayak gini suka bikin panik emg
discharge clumpy kayak gini biasanya terjadi pas PMS. agak tricky bikin panik emang bentuknya suspicious dan suka agak kekuningan sedikit. tapi selama ga kuning banget, ga gatel, ga bau nyengat, you’re just fine.

cuman emang pas ngewe suka nempel di titit kek greek yoghurt :(
nah udah ya segitu kira2 healthy discharge. intinya meqi emang asem dan ada baunya tapi bukan bau ikan yeeee.

dari vaginal discharge kita juga tau badan kita lagi masa subur apa gak. tapi kalo lo gamau bunting gausah sok ide ye mentang2 ah lagi ga subur buang dalem tau2 tekdung
sekarang ngomongin vaginal discharge yg wajib diwaspadain.

warna putihpun harus dicurigai kalo bikin gatel dan bentuknya kayak cottage cheese (nanti dibahas).

apalagi kalo warnanya abu, kuning pekat, kuning kehijauan, ijo, pink, merah, coklat dan apalagi gatel dan bau nyengat
mulai dari vaginal discharge warna putih atau putih kekuningan ya yg kayak gue bilang pas lagi PMS itu tricky. kalo ada gejala lainnya kayak gatel, bahkan bau menyengat apalagi sampe ada benjolan di labia dan sekitar dan berbentuk cottage cheese.

itu tandanya yeast infection
yeast infection tuh wajar banget dan pasti kita bakal ngalaminnya sekali minimal dalam seumur hidup. memang vagina sehat mengandung bakteri baik dan sel ragi (yeast). kalau masih mild kasusnya, gak terlalu mengganggu gejalanya, bisa ilang sendiri dengan cara rajin cebok yg bener
vagina rasanya keset banget terlalu keset sampe kering rasanya biasanya kalo kena yeast infection. bahkan di kasus serius, rasanya kayak kebakar, muncul ruam, bengkak, sakit pas pipis, dan sakit saat lagi hubungan intim. penyebabnya banyak macem.
penyebabnya biasanya perubahan hormon, stress, terlalu makan banyak gula, terlalu sering konsumsi bir, kurang tidur.

yeast infection bisa terjadi di siapa aja dan bukan STI. entah lo sexually active apa gak, gak menjamin lo akan bebas dari infeksi ini.
pada kasus yg berat, bisa aja disebabkan diabetes, beneran terinfeksi bakteri candida lain selain bakteri candida albicans, HIV, imun yg rendah dan kehamilan yg makanya bisa nyebabin gatel parah, seret banget, bengkak dan kemerahan.
memang banyak beredar info antibiotik atau obat herbal, tapi mending ke dokter karena kita gatau badan kita sebaiknya obat apa, ngasal minum obat juga dapat merusak tubuh atau memperburuk infeksi.

extra info, cowo bisa kena yeast infection karena kita semua punya bakteri candida
makanya cebok yg bener ye biar kagak keinfeksi. cebok pake air bersih biasa, gausah tambahin pake sabun gajelas apalagi mengandung parfum karena mengganggu kondisi vagina yg bikin harus ngeluarin discharge2 tertentu. pake lactacyd kalo cocok atau seperlunya.
lactacyd atau sabun kewanitaan ga selalu buruk dan dokter memanf resepin untuk pake buat beberapa infeksi kok kadang. tapi ga berarti cocok ke semua orang. kalo cocok, pake seperlunya biar ga vagina kering

misal, pake abis olahraga/aktivitas berat, setelah have sex, setelah haid
pake lactacyd cukup diluar ye sampe vaginal canal, di labia dan sekitar gausah sok ide masukin kedalem karena mengganggu kestabilan kondisi vagina.

perkara douching (atau bersihin dalem) pake air gue bahas juga. douching ga direkomendasikan kecuali dalam kondisi tertentu.
Douching itu membersihkan vagina dengan air atau cairan tertentu. (iye dikobok2 pake air)

Gak disarankan karena dapat mengganggu bakteri baik yg ada di vagina seperti vaginal flora dan mengganggu kestabilan PH/asam di vagina. kalau PHnya vagina netral bahkan basa, vagina akan -c
rentan untuk terinfeksi bakteri lain termasuk STIs (terutama HPV dan HIV!) dan bahkan menyebabkan bakteri jahat untuk tumbuh lebih cepat. Douching bisa menyebabkan infeksi dan iritasi sampai ke uterus, tuba falopi, dan rahim dan dapat menyebabkan inflamasi serius di pelvic.
douching ga perlu abis have sex. douching tidak mencegah kehamilan, tidak mencegah dari terinfeksinya STI, bahkan sebaliknya, bikin rentan. douching bahkan bisa mempersulit kehamilan atau berbahaya bagi kehamilan. douching tidak memperbaiki masalah bau dari vagina.
in case kalo gatau HPV itu apa, HPV itu bakteri yg bisa menyebabkan kanker serviks. sekalipun lo udah vaksin HPV/servix ga berarti lo 100% akan bebas dari HPV. lo masih mungkin terinfeksi HPV dengan gejala ringan. HPV dapat ditularkan dari hubungan seksual dan cowo bisa kena HPV.
setiap orang sangat rentan untuk terinfeksi HPV. bahkan yg ga pernah berhubungan seksual pun bisa kena. dan yg berhubungan pasti bakal kena. HPV kalau gejala ringan seperti genital warts (benjolan di kelamin) bisa ditangani. untuk mencegah ya vaksin HPV rutin.
obat buat HPV gada, tapi untuk memperlambat atau mengurangi gejala2nya, atau ngebuang (operasi) sel berbahaya yg tumbuh akibat HPV. laki2 bisa juga terkena HPV bahkan di laki2 yg terinfeksi bisa gada gejala muncul. HPV itu STI yg sering terjadi, dan menyebabkan kanker serviks.
Berarti HPV kayak HIV/AIDS?

enggak juga. beberapa jenis iya. dan ga semua jenis HPV bikin kanker serviks. untuk benerapa HPV ringan imun kita sendiri bisa ngelawan dan nyingkirin HPV dalam 2 tahun, dengan kondisi ga nambah lagi ya infeksi HPV lainnya...
selesai ya bahas HPV. lanjut vaginal discharge lagi.

kali ini yg warna merah-pink-coklat (warna darah), dan ga lagi PMS atau udah haid, itu spotting.

well, sebenernya kalo masih keluar gini mah abis haid itu namanya belom kelar haidnya, masih sisaan dikit. jadi bukan spotting!
CMIIW kalo kek gitu kan juga di islam belom boleh mandi wajib kan ya??

terus spotting yg beneran tuh apa?

spotting yg beneran tuh pas kalo lo lagi ga di siklus haid, tiba2 ada bercak darah. entah pink/peach-merah (seger) atau udah sampe coklat. ada spotting yg wajar, ada yg gak
spotting yg paling wajar itu terjadi ketika hamil. wajarnya juga bukan banyak kek haid ye, kalo itu mah kudu ke dokter mana tau lo keguguran😭

saat kehamilan, spotting yg wajar terjadi pas 12 minggu awal saat kehamilan atau pas udah minggu2 akhir deket2 tanggal mau melahirkan -c
karena itu tanda2 udah mau melahirkan.

saat trimester pertama penyebab spotting yg membahayakan tuh ya.. keguguran. kalau ga, embrionya tumbuh nempel diluar uterus. kalau trimester kedua terjadi ya bisa jadi keguguran atau bakal lahir prematur atau plasenta bayi nempel di rahim
spotting yg dialamin wanita ga hamil itu banyak penyebabnya. bisa disebabkan ga cocok KBnya, atau mungkin pemasangan IUD yg salah, hormon yg gak stabil (sering akibat dari KB). terburuk penyebabnya adalah polip, infeksi di serviks, sel kanker di uterus. ya, HPV lagi salah satunya
spotting juga dialamin wanita pre-menopause atau saat menopause. setelah menopause pun bisa terjadi spotting karena masalah perubahan hormon, well, again... go seek a doctor.
vaginal discharge warna kuning-kuning kehijauan-hijau.

vaginal discharge ini biasa identik dengan bau nyengat yg gaenak. biasanya bentuknya gumpalan/dan kental bahkan berbusa. bisa juga bikin gatel, kemerahan sampe kerasa kebakar atau sakit pas pipis.
biasanya ini disebabkan STI yaitu trikomoniasis, bakteri parasit. bisa juga disebabkan jamur dari yeast bactery yg berkembang berlebih. penyakit lainnya adalah inflamasi di pelvic, atau/dan bakteri vaginosis yang juga akibat STI.

discharge ini juga gejala klamidia, gonorea.
udeh itu kalo warnanya dah butek gajelas gitu udah buru ke dokter drpd ngewe tidak bahagia~ apalagi kalo sampe klamidia atau gonorea, bikin siklus haid ga normal, demam, sakit tenggorokan, beser, dst~

gausah pake sok ide herbal di rumah, ke dokter aja drpd makin parah dan nyiksa
lanjut lagi borrr selanjutnya yg vaginal discharge abu2~

biasanya gabakal abu2 kek daki pensil kok, tapi tricky. lebih ke putih keabuan, ato putih butek. suse juge ye nyari gambarnyeee tapi kurang lebih begincong. jarang sih biasanya kecendrungannya nongolnha putih kekuningan
penyebabnya bacterial vaginosis (BV). BV lebih banyak putih kuning2 ijo gitu si, tapi yang abu2 ini karena cukup membingungkan juga, yg membedakan BAUNYA AAMIS KEK IKAN nyengat, gatel, bahkan sakit pas pipis. BV juga sering terjadi, terutama di ibu hamil kalo ga cebok lo lebay
emang bentukannya mirip2, tapi baunya lebih fishy drpd yeast infection—bahkan yeast infection bisa aja ga bau nyengat. tapi BV lebih sering terjadi dibanding yeast infection. terus yg membedakan apa dong?

ketika yeast infection itu kentel kek cottage cheese, BV itu tipis cair
BV bisa aja bikin gatel dan iritasi, tapi ga akan separah yeast infection yg bisa sampe kemerahan di sekitar vulva.

BV bukan STD, tapi penggunaan kondom dan gak sering gonta ganti ewean membantu mencegah BV. penggunaan IUD yg baru2 atau salah masang juga bisa bikin BV
anyway, titit baru atau meki baru menyebabkan BV, jadi vagina kita belom tentu cocok dengan kelamin orang tertentu xixixi.

oh ya. gue bilang cebok tuh jangan lebay, jangan douche, karena mancing terjadinya BV.

Terus BV tuh sebenernya apaan???
BV tuh suatu kondisi yg terjadi jika salah satu bakteri floral (bakteri yg emang natural ada dari vagina) tumbuh lebih banyak daripada yg lainnya sehingga jadi gak stabil/seimbang kondisi di vagina.

pada dasarnya ada 2 bakteri di vagina, dan tentunya si baik dan si jahat~
dan tentu saja yg menyebabkan BV si bakteri jahat, alias bakteri anaerob. BV terjadi jika bakteri baik (lactobacillus) tidak mampu/tidak cukup banyak untuk menekan pertumbuhan anaerob dengan cara menjaga pH normal vagina, jadi makanya kalo BV ya asem banget~
banyak hal yg bisa bikin BV terjadi. dari merokok, kelamaan pake antibiotik, berendem pake dettol, gangguan hormonal karena mau haid, hamil, atau menopos, atau emang tiba2 jumlah lactobacillus menurun aja tanpa sebab.
annoying, tapi BV mudah diobati, asal ga kelamaan gak ditanganinnya. intinya kalo bingung kenapa2, GO TO A DOCTOR!

dan saat BV jangan ide ye douching ato malah pake perfumed products apalagi semprot parfum ke kemem.....

pas cuci kolor juga kuras deterjennya sampe kinclong y bun
penutup banget ni, ya karena ada vaginal discharge makanya meki punya bau khas tersendiri. sampe bau tembaga/besi, apalagi pas mens atau abis buang dalem. soalnya darah dan semen (peju ni kalo u gak tau) mengandung zat besi.
gue akan terus bikin thread ini lagi kalo misalkan account gue kesuspend lagi. karena gua tau banyak cewe dan cowo gatau soal ini karena EMANG KAGAK PERNAH DIJELASIN DETAIL DARI SEKOLAH UMUM SAMPE KHUSUS CEWE😡😡

dan ketidak tahuan ini bisa menghancurkan hubungan bahkan idup bos
bayangin deh kalian gatau terus panik tiba2 vaginal discharge kayak gitu terus mikir apa gue kenapa2 ya abis ngewe sama si ini kemaren... ternyata engga

atau cowo lo berisik nyalahin lo meki lo jorok padahal kaga😭 atau ga laki lo panik nularin STI ke elo dan berarti dia kena jg
ato paling apes lu kira normal ternyata engga... dan bisa menyebabkan kanker cervix sampe rahim bahkan sampe jadinya beneran ga subur alias infertile.

percuma tau HIV sifilis dll cuman takut buat ngentot doang ato malah nganggep itu mitos terus asal blaming for not knowing this
You can follow @sashymymahal.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.