“Presiden Perancis Emmanuel Macron menghina Islam”

Saya ingin berbagi sedikit opini mengenai isu yg sedang marak sekarang mengenai kecaman terhadap presiden negara Perancis oleh warga Muslim di dunia. Apa yg sebenarnya terjadi?

bear with me, this is quite a long thread.
1. Mungkin ini tidak banyak yg tau, tapi rangkaian proses ini sebenernya berawal dari kasus pembunuhan seorang guru SMA diperancis tanggal 16 oktober 2020, dimana kepalanya ditebas disiang bolong didepan sekolah tempat dia mengajar, oleh seorang remaja imigran Muslim.
2. Pembunuhan ini terjadi karena seminggu sebelumnya, beliau yg merupakan seorang guru filosofi, mengajarkan kelas “debat” di kelas, dgn membawa contoh beberapa kasus untuk diperdebatkan, salah satunya kasusnya adalah kasus terorisme di kantor majalah Charlie Hebdo di Paris..
3. ..di tahun 2015 yang memuat kartun nabi Muhammad.
Sebelum menjelaskan kasus tsb, dia memberi tahu kalau kasus ini sensitif bagi umat muslim dan jika ada murid muslim yg tidak suka, boleh keluar kelas sementara, dan dia meminta maaf.
4. Singkat cerita, ada murid yg melaporkan hal ini ke org tuanya, yang kemudian menyebarkan berita ini keberbagai kalangan muslim disana. Salah satu imam mesjid disana memuat video ancaman fisik di facebook kepada si guru (yg kemudian dihapus setelah terjadinya pembunuhan)
7. Secara total dalam kurun waktu lima tahun terakhir, 263 warga perancis tewas dalam 30 kasus terorisme oleh islamic extremist di Perancis.
8. Macron kemudian memberikan pidato, dan salah satu pidatonya, dia mengatakan bahwa “Islam is a religion in crisis.. “ (-because of the extremists who divides the muslims) yang kemudian dipakai oleh presiden turkey untuk menyatakan kalau macron anti islam.
9. Setelah attack ketiga di lyon tgl 31 oct 2020, Macron berpidato kembali dan menyatakan kalau pemerintah perancis menentang keras islamic extremist, dan BUKAN penentangan terhadap Agama Islam dan umat muslim.
10. Dia jg menambahkan bahwa islamic extremist no.1 victims are muslims, dilihat dari kasus kematian perang di Lebanon, Syria, Sudan, Libya dll dan dia bertekat untuk melindungi seluruh umat muslim di Perancis yg merupakan populasi umat muslim terbesar di Eropa.
12. Negara Perancis sendiri merupakan negara sekuler garis keras, dimana Agama dan pemerintahan itu benar benar terpisah.Seculerism (atau Laicite) ini tertulis di konstitusi negara perancis yang merupakan dasar pokok negara perancis, kalo di indo mgkn semacam UUD atau Pancasila.
13. Kebebasan berpendapat juga dilindungi oleh konstitusi, setiap orang bebas mengkritisi pemerintah, gereja, pemuka agama baik dalam bentuk kritik langsung ataupun dalam bentuk komedi.
14. Karikatur juga sudah mendarah daging dalam seni komedi perancis, dan believe it or not, President dan Jesus merupakan 2 tokoh yg paling sering “diolok-olok” dalam seni karikatur perancis.
15. Kemudian : Apakah saya setuju dengan display karikatur Nabi Muhammad oleh karikaturis Perancis? tentu tidak. Dari segi religious, dalam agama Islam, haram hukumnya memperlihatkan wajah nabi Muhammad, apalagi dikomedikan.
16. Namun saya bukan warga negara perancis, dan dengan mentalitas sekuler pemerintah perancis, hak hak berekspresi ini dilindungi dalam konstitusi negara Perancis. Sama seperti hak beragama yg dilindungi Pancasila dan UUD 1945 di Indonesia.
18. Pertanyaan lanjutan : apakah orang perancis membenci Islam? ini merupakan pertanyaan yg kompleks karena pada dasarnya, Islam bukan hal yg baru di Perancis untuk negara dengan 5.7 juta muslim (terbesar di Eropa).
19. Warga perancis pada dasarnya menganggap agama sebagai ranah pribadi yg tidak perlu dibicarakan atau digembar gemborkan. Sangat taboo/tidak sopan sebenarnya membicarakan agama didepan umum atau menanyakan agama seseorang di Perancis.
20. Namun secara garis besar, warga muslim di perancis hidup berdampingan dengan warga kristen atau non believer sejak ratusan tahun. Saya pribadi tidak pernah mendengar sentimen negatif terhadap umat muslim di Perancis.
21. Walaupun rasisme tetap ada (seperti disemua negara) namun sentimen negatif khusus ke agama islam (tanpa pandang ras) itu sangat jarang menurut saya yg sudah tinggal disini hampir 3 tahun.
22. Sekian curahan hati saya, WNI muslim yg tinggal di Perancis. Untuk saat ini Perancis sedang lockdown total dikarenakan second wave of Covid, and with all the terrorist attacks, things are a lot more complicated here :(
You can follow @paaaaanjiii.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.