"OPERATION NEPTUNE SPEAR"
Operation Neptune Spear adalah sandi yang dipaka dalam operasi perburuan Osama bin Laden yang mengakhiri 10 tahun pencarian beliau setelah tragedi 9/11 yang menjadikan bin Laden sebagai orang paling dicari nomor wahid di dunia.
Operasi ini merupakan komando operasi gabungan khusus di bawah JSOC(Joint Special Operation Command), dipimpin oleh CIA, dieksekusi oleh United States Navy SEAL dari US Naval Special Warfare Development Group (juga dikenal sebagai DEVGRU atau SEAL Team Six), dan(cont)
Dan 160th Special Operations Aviation Regiment (Airborne) atau disingkat 160th SOAR(A) yang juga dikenal dengan julukan Nighstalker.
Kode operasi ini diambil dari Tombak Neptunus yang muncul di lambang Perang Khusus Angkatan Laut AS, dengan tiga cabang trisula yang mewakili kapasitas operasional SEAL di laut, udara, dan darat.
Sedangkan kode yg dipakai untuk Osama bin Laden adalah "Jackpot" dan "Geronimo" untuk kode penangkapan atau kematian bin Laden. Namun kode ini kontorversial, mendapat penentangan setelahnya oleh indian amerika mengingat sejarah yg terjadi pada masa perang dengan suku Apache.
Kekuatan dalam operasi ini adalah 79 Operator JSOC dan CIA. 5 helikopter,1 Belgian Malinois(anjing militer) dan sekitar 24 anggota seal team six yang diterjunkan.
Untuk mengetahui posisi bin Laden, CIA memerlukan data siapa orang kepercayaannya. Inilah sosok yg menjadi kunci ditemukannya bin Laden dgn melacak seorang ahli komputer, tangan kanan dan kurir kepercayaan bin Laden yaitu Abu Ahmad al-Kuwaiti yg sudah diawasi sejak 2002.
Namun CIA mendapatkan kesulitan karena beliau tidak menggunakan internet dan tidak menggunakan ponsel yang sama selama lebih dari 5 menit, memalsukan identitas menjadi Arshad Khan, untuk membeli sebuah komplek di Abbottabad pada 2004.
Ironisnya tanah yang dibeli untuk kemudian digunakan sebgai persembunyian bin Laden itu terletak tidak jauh dari stasiun militer dan akademi militer Pakistan, dan pembelian properti inipun dibenarkan oleh seorang pejabat wilayah di Abbottabad, Pakistan.
Dan Otoritas Registrasi Data Nasional Pakistan, yang memegang identifikasi dan data warga Pakistan, pada saat tahap investigasi tidak memberikan komentar kapan dan dimana KTP palsu Al-Kuwaiti dikeluarkan dan siapa yang mengesahkannya.
Inilah yang menjadi alasan kuat kenapa pihak Amerika tidak melibatkan militer dan otoritas Pakistan pada saat operasi dilakukan. Obama memutuskan bahwa pemerintah dan militer Pakistan tidak dapat dipercaya untuk menjaga keamanan operasional untuk operasi melawan bin Laden.
"Ada benar-benar kurangnya kepercayaan bahwa orang Pakistan dapat menyimpan rahasia ini lebih dari satu nanodetik," kata seorang penasihat senior Presiden kepada The New Yorker.
Pada tahun 2004, tahun yang sama saat Al-Kuwaiti membeli properti untuk persembunyian bin Laden, interogasi seorang anggota al-Qaeda yang ditangkap di Irak memungkinkan CIA untuk menguatkan informasi yang mereka miliki tentang Al-Kuwaiti.
Hingga Agustus 2010, ketika pejabat AS mengatakan bahwa mereka menerima percakapan telepon antara Al-Kuwaiti dan operator Al-Qaeda lain yang sedang diawasi CIA. Inilah yang pada akhirnya membawa pihak CIA ke sebuah kompleks yang menjadi persembunyian bin Laden
2 Mei 2011 Operation Neptune Spear dilakukan, dgn lebih mengutamakan kematian bin Laden ketimbang penangkapan. 24 anggota Seal Team Six yang sebelumnya sudah dilatih secara intens di replika tempat yang hampir sama dengan kompleks persembunyian bin Laden diterbangkan.
Pasukan diterbangkan dari pangkalan di kota Jallalabad, Afghanistan Timur, menggunakan 2 helikopter Black Hawk yang sudah dimodifikasi agar tidak terdeteksi radar yang dipiloti oleh 160th Special Operations Aviation Regiment (SOAR)/Nightstalker.
SEAL beroperasi dalam tim dan dipersenjatai HK416 sebagai senjata utama, senapan mesin Mark 48 untuk support dan MP7. Juga diturunkan seekor Belgian Mallinois bernama Cairo yang sudah terlatih untuk mendeteksi siapa saja yang melarikan diri dan ruangan rahasia.
Pukul 03.30 helikopter mendarat di komplek persembunyian bin Laden, satu helikopter mengalami kecelakaan, namun tidak ada korban jiwa dan misi tetap dilanjutkan tanpa tedeng aling-aling. Misi diperkirakan akan memakan waktu selama 40 menit.
Di dalam tembok kompleks, beberapa anggota SEAL mendekati sebuah rumah, para anggota SEAL menemukan pintu terkunci dan bersiap untuk meledakan/breaching namun mereka ditembaki melalui pintu. Para SEAL membalas tembakan. Segera, pintu terbuka.
Seorang wanita keluar membawa seorang anak, diikuti oleh anak-anak lainnya. Di belakangnya, terbaring mati, adalah suaminya, Abu Ahmad al-Kuwaiti, kurir utama dan tangan kanan bin Laden, yang sebelumnya melawan dengan menembaki Seal Team Six dengan AK-47.
Di gedung utama, SEAL membunuh kurir kedua dan istrinya di lantai pertama dan putra bin Laden, Khalid, yang bersenjata, di lantai dua. Mereka membunuh Osama bin Laden di kamar tidurnya di lantai tiga, di mana dia ditemukan dengan setidaknya satu AKS-74U Carbine dan Makarov.
Lalu SEAL mengumpulkan dokumen, barang elektronik, dan bahan lain untuk eksploitasi intelijen. Saat helikopter cadangan/QRF(Quick Reaction Force) tiba, mereka meledakkan helikopter yang jatuh untuk menghancurkan teknologi silumannya.
Penduduk setempat berkumpul di luar kompleks, dan pihak berwenang Pakistan mulai memobilisasi tanggapan atas gangguan larut malam. Setelah sekitar 45 menit di darat, para anggota SEAL naik helikopter, membawa serta bahan-bahan dan dokumen yang dikumpulkan dan tubuh bin Laden.
Oiyaa ketinggalan, sebelumnya, operator SEAL menghubungi pusat operasi dan mengatakan "For God and Country- Geronimo, Geronimo, Geronimo". Yang kemudian mengubah status Geronimo menjadi Geronimo EKIA(Enemy Killed In Action).
Di Afghanistan, penegak hukum dan petugas intelijen menganalisis DNA bin Laden dan mengambil sidik jarinya. Analisis pengenalan wajah, bersama dengan informasi biometrik, akhirnya mengkonfirmasi identitasnya.
Pasukan Amerika kemudian menerbangkan tubuh bin Laden ke kapal induk USS Carl Vinson di Laut Arab. Usai upacara pemakaman sesuai agama islam, Osama bin Laden dimakamkan di laut agar kuburannya tidak menjadi tempat suci bagi para pengikutnya. Sedangkan jasad lain ditinggalkan.
Operasi ini menutup 10 tahun pencarian orang paling dicari nomor wahid di dunia setelah beliau dipercaya sebagai dalang dibalik runtuhnya World Trade Center.
Perburuan Osama bin Laden kemudian difilmkan dengan judul "Zero Dark Thirty" pada tahun 2012 oleh sutradara Kathryn Bigelow.
Fun fact, sebuah akun sempat mengetweet sebelum penyerangan dilakukan soal helikopter yang terbang di langit Abbottabad.
You can follow @mhwnk_.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.