Let's share another experience, kali ini sy mo share sedikit tentang teman sy yang dulunya sih rada males pas kuliah, terus pas sy masukkin ke tim saya, digampar berkali-kali sama CTO saya dan akhirnya skrg jadi "wow".
Setelah trit vairel kemarin yang sy ngga sangka, saya masih ngga gentar untuk berbagi pengalaman, terserah orang mo bilang ap deh intinya sy cuma mencoba untuk berbagi pengalaman, even blg sy arogan jg gapapa, sok kita ngopi-ngopi di kantor tempat sy kerja.
Jadi kenalin, temen gue sebut aja namanya ucup, merupakan seorang teman yang udah sekelas sama sy selama 3 tahun di bangku kuliah, dan akhirnya satu tim pada satu company bareng sy.
Si ucup ini, anaknya sebenernya ngga oon-oon amat sih, cuma emang rada males aja, dia sebenernya ya bisa aja untuk belajar, cuma emang kemauannya ngga ada.

Kampus saya yang D2 itu emang ngerjain tugas projek setiap bulannya, dan sy pernah satu tim sm dia di projek itu.
Nah sy emg dulu anaknya rada songong sih, sy suka ngga percayaan sama orang (skrg ngga gini ya!), jadi mending saya ambil kerjaannya krn saya ngga mau berantakan, ya emang rada perpeksionis.
Nah anak ini bisa dibilang kurang ambis, bahkan suka ngatain saya dulu "ah ngoding mulu luh" ya saya mah ketawa aja ya namanya temen, tapi ya saya mikir gapapa saya tukang ngoding nanti jg situ liat efeknya.
Oke, sebelumya saya bilang saya sekelas sm dia 3 tahun, harusnya kan 4 tahun. Kenapa? karena di tahun ketiga alias smstr 6, saya cuti satu tahun, akhirnya saya berpisah tuh sama sama si ucup.
Saya pribadi dibilang deket sama si ucup kaga deket amat, kalo dibilang ngga deket tapi deket gitu, aneh ya, emang sih.
Akhirnya pas saya bergabung di sebuah startup dan ditugaskan ngebangun dream team oleh CTO saya, saya mulai shout out ke seluruh relasi saya yang wabil khususnya anak IT.

nah si ucup nih akhirnya ngedm di instagram

"Hud, gue bisa apply ngga disitu? Gue juga nyari nih"
"Oh buka kok, ayo apply nanti diinterview sama CTO gue langsung, orangnya asik kok"

"Oke deh"

Ucup ini awalnya ditest sederhana sama saya, cuma buat API aja pake python flask, dia udah submit dan sy liat ya so so lah, lumayan buat anak yg dah setengah tahun fresh grad.
Akhirnya singkat ceritaaaaaa ucup melaju ke interview ke CTO saya dan diterima nih. For the first time of my life sy sekantor dan setim dengan orang yang pernah becandain sy "ambis banget luh coding" pas kuliah.
Nah si ucup ini awalnya juga kaga bisa ngoding python, dia cuma bisa PHP paling bantar pake Laravel atau CI, dan emang pengalaman pernah kerja pada sebuah projek di kantor sebelum bergabung dengan saya.
Nah akhirnya ak minta nih ucup untuk self learning dulu, jadi ak buat base sebuah projek yang sampe skrg projek itu jadi API di kantor sy, dan si ucup aku minta coba untuk lakukan hal yang sama dengan pattern yang sy buat.
Ucup bilang kalo dia jujur aja baru pertama kali pake pattern selain MVC, dan patternnya agak abstrak buat dia, tapi ucup ini termasuk fighter lho, buktinya dia bisa belajar dalam beberapa hari, dan perlahan-lahan bisa.
Meskipun dibilang bisa ini masih ngeraba-raba tapi ya gapapa, yang penting progress kalo menurut CTO saya mah. Nah keadaannya waktu itu masih Desember 2019, pas lagi meeting di salah satu mall (karena kami semua remote), si ucup ini sambil nanya patternnya ke sy.
Apakah sy arogan seperti yang netizen blg di trit sy sebelumnya? o tidak lah, krn memang sy tida arogan cuk. Sy jelaskan ke ucup dengan sabar, saya kasitau flownya dari codingan yang dia tanya, saya kasih analogi sederhana meskipun bersifat teknis.
Akhirnya ucup ngerti, nah seiring waktu tiba-tiba menurut CTO saya patternnya harus diubah karena ada beberapa hal yang kurang refactor, akhirnya diubahlah dengan berubah total pattern yang ada.

Saya ditugaskan mengubah total pattern yang ada dengan pattern yang dibuat CTO sy.
Yaudah tuh, akhirnya si ucup kaget, yang kemaren aja baru ngelotok ehh ada pattern baru yang lebih dynamic dan refactor dari yang sebelumnya, otomatis si ucup nanya lagi dan belajar lagi.
O iya ingat lho, si ucup ini bukan belajar doang tanda kutip ngga melakukan pekerjaan, dalam 2 minggu sprint yang diminta, ucup itu learning by doing, jadi sambil ngerjain fitur API yang diminta, ucup sambil belajar.
Kenapa ucup bisa learning by doing? Tentu aja karena ucup ini udah punya basic belajar ngebuat API meskipun pake PHP, jadi meskipun dipindah ke Python, kan ngga jauh-jauh amat secara konseptual, cuma beda pattern atau beda penulisan aja paling, sisanya sama kok!
Jadi kalo ada yang ngira basic sebelum kerja atau magang ngga penting ya ngga bisa gitu juga donk, emang basic itu penting, situ mau backend ya misalnya udah 5-10 project pas kuliah nyoba bikin projek sederhana yang menggunakan logic backend pake Laravel.
Jadi biar bisa nyobain validasi, ajax, MVC dll sebelum tempur. Ya meskipun kaga jago kan tetep basic skillnya harus punya, jadi jangan diremehin juga dan berpikir bahwa bekerja itu bisa belajar dari 0, ngga semua company bisa gitu, inget.
Si ucup untuk base pattern yang kedua ini butuh waktu lebih lama belajarnya, karena emang agak susah sih, sy juga sadar sebenernya buat yang jarang coding pasti agak susah nih, tapi saya masih percaya dalam masa probasi 3 bulan ucup pasti bisa lah memuaskan.
Akhirnya ucup perlahan-demi-perlahan bisa nih, meskipun pas pull request github perlu saya kasitau beberapa kurangnya terutama typo sih sama penulisan variabel yang masih pake bahasa indonesia 🥲

Tapi tetep, saya ngga pernah jatohin ucup karena lama belajarnya, sy masih yakin...
sama temen saya yang meskipun ngga deket-deket amat dan pernah becandain saya karena saya tukang ambis coding.

Alhasil ucup mulai mengikuti alur dan bisa pake pattern yang baru.
Terus CTO saya ngasih sinyal, kalo kita akan mempercepat pace dalam beberapa minggu ke depan, saya pribadi udah mengingatkan si ucup, karena kantor sy masih awal mungkin ketika membangun base product sambil nunggu hal-hal lainnya kita masih bisa agak nyantuy, tapi....
Kalo dah beneran angkat pinggul, kita bakalan lari dan sprint sekenceng-kencengnya, saya dah peringatkan nih si ucup. Saya dah pernah ngerasain pace cepet kaya gini dan emang bisa tetep stable dalam tekanan (meskipun stress jg sih alhasil me time pas weekend).
Tapi yang saya khawatir adalah ucup yang ngga bisa mengikuti pace cepat ini, fyi saya waktu itu megang dua platform, raspberry pi sama API.

Karena saya butuh pelapis, perlahan saya bilang sama CTO saya si ucup juga perlu ngerasain buat raspberry pi untuk produk yang akan dirilis
si ucup seneng nih, ada maenan baru dan bisa belajar lebih banyak dengan dikasih raspberry pi. Akhirnya mulai lah ucup belajar raspberry pi dan nyobain hal baru lagi.
dan sebulan dua bulan berjalan, kantor sy mulai menerapkan WFO dan emang sebagian hal harus WFO sih mengingat kan saya hubungannya sama hardware ya alias raspberry, jadi butuh ke kantor untuk nyobain raspberry-nya.
dan setelah raspberry mulai makin didevelop, mulai deh nih kaki untuk lari siap diangkat dan sprint dilaksanakan dengan meningkatkan pace development seiring desakkan dari investor juga untuk ngeliat result yang ada.
Jadi jangan heran juga lha sebagai anak IT kalo company ada yang meningkatkan pace development, kan desakkan investor juga untuk buktiin kalo companynya berjalan baik, dan tujuan digitalisasinya sesuai yang "dijanjikan".
sy away dlu ah nanti ak lanjut y
Nah setelah mulai berlari, makin kesini kerjaan makin berat, kantor mulai memaksa menggunakan produk prematur raspberry, tujuannya biar memaksa semua keluar dari zona nyaman, ya ak setuju ngga setuju sih, meskipun resultnya cukup oke.
Karena ini prematur, me termasuk teman-teman engineer dan si ucup harus bekerja keras memperbaiki sambil jalan, dan semua ngga komplen kok, meskipun emang cukup melelahkan, tapi karena emg ak build team yang solid dan feel as a family.
Semua person didalamnya "terlihat" enjoy aja, dan kami mulai terus berlari dengan engineer yang cuma 3 orang dimana komposisinya

saya yg terpaksa fullstack
ucup backend setengah raspberry
aji mobil developer
tania junior developer part time
arina ui/ux designer
dengan komposisi 5 orang seperti ini dimana lari makin kenceng, sejujurnya saya sama ucup juga kewalahan, tapi sy pribadi sadar juga, ada budget yang diirit oleh company karena pandemi ini, jadi ak ngga banyak komplen, bisa digaji 100% aja udah alhamdulillah kan.
Disaat company lain banyak yg lay off atau bahkan collapse, kami malah baru dapet funding buat belari, masalahnya adalah tinggal pengiritan, so engineer di team sy ngga banyak komplen, bisa dibilang realistis sama keadan lah.
Nah si ucup ini mulai menunjukkan performa yang menurun, contohnya karena beberpa hari kita diizinkan remote, kadang dia ngilang dan bahkan commit di githubnya tidak sebanyak saya pribadi pas bekerja.
Si ucup ini juga beberapa kali sakit ketika senin dimulai which is dia off atau late rep, nah kejadian ini terulang beberapa kali dalam sebulan, which is CTO aku mulai ngga suka.
Sebenernya ini anak emang tanda kutip penyakitan, atau ada sesuatu yang dia lakukan sehingga mempengaruhi kondisi fisiknya, sepertinya CTO-ku mulai berfikir kaya gitu bcs dia nanya ke aku
"hud, itu si ucup kemana sih?"
"sakit om"
"sakit apaan?"
"meriang paling"
Aku paham kalo orang sakit ya emang mau diapain lagi kan, tapi yang jadi concern adalah ini orang sakit kecapean banyak aktivitas, atau sakit emang beneran penyakitan?

Karena pada CV atau pas interview hal ini ngga pernah diomongin nampaknya.
dan sakitnya dia juga langsung membuat product development berantakan karena engineer cuma 3, dan sy terpaksa cover kerjaan dia juga which is ngga bisa sepenuhnya bisa tercover gitu.
akhirnya mulai lah si ucup ini dapat panggilan surat cinta dari CTO-ku, surat cinta ini maksudnya adalah diajak diskusi ngobrol di ruangan, ya lebih tepatnya kaya ke ruang BK gitu ya wkwk

H+1 Ucup masuk ruang BK, performanya langsung naik, muantap pol kerjanya jadi lebih cepet.
dan ternyata ucup ini kurang istiqomah, inget kurang bukan ngga, kenapa gitu? karena CTO negur saya dengan bilang performa dia naik turun, saya bilang beri dia kesempatan dan waktu, saya akan coba bicara sama dia.
Alhasil saya coba dekati ucup dan cari tau masalahnya, sambil bilang kalo dia harus lebih meningkatkan itu karena dia butuh itu.

Alhasil ucup lanjut dan mencoba naikin performanya.
Karena sempet naik turun performanya (lagi), ucup masuk ruang BK lagi, dan jujur aja saya juga deg-degan liat resultnya, karena saya takut bgt CTO saya marah sampe mecat orang, saya tau beliau ngga mau sebenernya, tapi beliau kan juga harus professional.
Saya cuma ngarep si ucup ini dapet kesempatan sekali lagi, untuk buktiin kalo dia bisa up his performance.

Alhasilllll muantap sekali, dia curhat kalo dia struggle with his work di frontend which is pake javascript (vue js), CTO saya akhirnya menempatkan dia sbg system enjinir
Alias bertugas ngurus produk raspberry PI, mulailah saya mundur sebagai system engineer yang terpaksa karena ngga ada orang yang harus di role itu.

Fyi CTO saya emang gitu orangnya, emang sih ngga semua orang suitable terhadap sebuah role, tapi kalo ngomongin professionalisme...
saya udah sering bahas kemarin di trit-trit saya, ya kalo company butuh kerjain aja, mereka butuh agar tetep survive, kalo kita sebagai karyawan ngeluh karena kita ngga capable sama kerjaannya ya opsinya dua, leave atau bertahan dan fighting.
Saya jujur aja ngga suka langsung cabut-cabut, CVnya jadi jelek pasti, makanya even saya ditaruh di raspberry PI dimana saya ngga pernah seumur hidup ngoding python disitu dan skrg jadi bisa sampe nulis tutorial printer thermal di raspberry PI di medium saya.
back to ucup, akhirnya ucup dipasang dan dipaksa sebagai system injinir (engineer) dan malah sampe beberapa kali CTO saya duduk dibelakang ucup sambil ngeliatin code ucup SAMPE WORKS HAHAHAHA

LO BAYANGIN SUASANYA MIRIP GINI GAMBARANNYA.
Tapi dia ngga ngeliatin doang, sambil ngasitau konsep dan fundamental ke ucup, ngajak ucup berfikir secara logika dan paham dulu alur programnya.

Padahal itu program saya yang tulis, tapi ucup dipaksa ngerti cepet hahaha untungnya ucup fighter, ngga menye-menye gitu sebagai cowo
Jadi CTO saya standarnya emang tinggi kan? Jelasss dia aja S1 S2 Elektro.

Elektro boss, elektro, bukan teknik informatika, tapi ngodingnya behh, cepat, mantap, dan bisa menyesuaikan apapun dengan cepat.

Gue selalu agree sama dia bahwa sebenernya mah lo bisa, cuma lo kebanyakan
berada di zona nyaman doang. Kenapa gitu? Ya ini buktinya si ucup.

Lemme show you kelanjutannya.
Ucup tiap minggu ada 1-2 kali ngoding diliatin sama CTO saya sampe bisa, tiap ucup nulis kode, ucup sambil ditanya secara konsep dan fundamental, ucup sambil jelasin itu ke CTO saya.

Terus waktu demi waktu dalam 2-3 bulan ucup diginiin sama CTO saya, dipaksa dilepas tapi.....
masih dibimbing dan dipantau.

Paham ya maksudnya? Dipaksa tapi dikasitau, dan harus fighting untuk itu, ya iya donk ucup harus fighting, kan perusahaan udah bayar dia, masa ucup maunya sesuka hati aja, ngga make sense dong.
Akhirnya waktu demi waktu ucup berubah!!!

ASLI!

Aku sendiri kaget sama perubahan ucup, ucup jadi makin sayang sama dirinya, dia berusaha untuk ngga sakit dan bikin dirinya ngga menyusahkan timnya, terutama saya karena saya yang akan tanggung jwb sm kerjaan dia.
Saya sendiri terus mendekatkan relasi saya sama ucup walau sebenernya dari kampus juga udah cukup dekat, cuma di tim saya, saya bangun relasi bahwa ucup dan saya adalah kita sekeluarga di tim ini, lu menderita gue bahkan harus menderita.
Kalo ucup menangis dan butuh bantuan gue harus siap untuk membantu ucup, terutama karena ucup udah banyak berubah untuk dirinya sendiri.

Sekarang wow deh, dalam waktu 4 bulan ucup udah transformasi jadi system engineer yang bahkan saya aja bingung.
Ucup yang basicnya adalah teknik informatika, jadi belajar kabel-kabel, avo meter, dan hal-hal lainnya berbau hardware.

Ucup keluar dari zona nyaman! Bahkan dia claiming "gue anak elektro skrg nih, meja gue elektro banget banyak kabel berantakan"
dan berujung dibalas CTO saya "boss, elektro mah kaga gini, ini mah meja berantakan aja, elektro mah rapih anaknya" dan kami bertiga ketawa.

Sekarang ucup udah semakin mantap dari sisi programming, tanggung jawab, dan perkembangannya.
Terakhir update si ucup, dia cabelling hal-hal terkait raspberry dan kami begadang sampe jam 5 subuh untuk sambungin banyak hardware ke raspberry PI, dan si ucup ini meskipun sambil dibantuin CTO saya untuk integrasi banyak kabel, dia paham dan bisa selesain itu.
Which is UCUP BENER-BENER KEREN DAN BERTANGGUNG JAWAB SAMA KERJAANNYA, dan produknya rilis dan berhasil digunakan saat diuji coba di depan investor.

Gila cup, aku sebagai temen sekelasmu asli bangga banget, aku terharu, asli.
Makanya aku proud bgt sama dia, ak blg alasan aku nerima dia adalah diantara seluruh teman-teman kelasku dulu, aku paling percaya sama dia, karena aku yakin, dia sebenernya bisa, cuma kurang confident dan suka berada di zona nyaman aja.
Nantikan cerita tentang ucup yang terus berkembang atau cerita lainnya yang mungkin saja menginspirasi.

Next, trit tentang anak perempuan yang saya bina dari usia 17th sampe skrg usia 19 tahun dan skrg naik sbg PRODUCT MANAGER!
Perempuan, 19th, tapi dipercaya sebagai product manager, kurang wah apa coba?

Yep trit itu akan dituliskan nanti ya, kasih saya istirahat dulu lah capek tau nulis terus wkwkwk
bagi yang mau mutualan ayok aja, yang mau ngobrol di dm juga boleh banget sharing-sharing, ingat slalu ak tida arogan, cm mungkin cara menyampaikan ak di sosmed berlebihan.
You can follow @perogeremmer.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.