Salah satu kunci kesuksesan finansial dapat ditemukan bukan di dunia keuangan sendiri. Tapi dari dunia yang kita sudah familiar sejak cinta monyet di SMA. Tahukan bahwa salah satu kuncinya berada di dunia cinta?
What if I tell you, ada sebuah investasi yang bisa memberikan imbal balik lebih dari 10,000%? Tapi kalau gagal, bisa 100% hilang? Aset ini memiliki tingkat kegagalan 20%. Hrs dihold lbh dari 20thn. Sekali beli, tidak bole dilepas. Tidak ada opsi diversifikasi. Tertarik?
Tahun 2016, ratio perceraian di Indonesia adalah 20%. Angka ini naik dr 9% di 2007. Suka / tidak, ini adlh potret pernikahan di negara kita. Banyak yg tdk sadar, kegagalan dlm hal ini, membawa dampak besar bukan saja secara emosional, tapi jg keuangan kita.
Di Indonesia, tahun 2016, ada 400,000 pasangan yang cerai. Kalau ada yg perlu ide bisnis, ini adalah pasar yang cukup besar utk digarap. Pengacara spesialis perceraian, konseling atau terapi pernikahan dll. Mereka yg gagal butuh support juga dlm mengarungi bencana hidup.
Tentu saja, ada pernikahan yg gagal utk alasan yang dimengerti. Jangan terlalu judgemental. Tidak semua pernikahan gagal itu krn keputusan yang bodoh. Hindsight tentu saja mudah. Have some empathy.
Buat yang belum nikah, ini ada beberapa pemikiran yang penting; I wish someone told me when I was young. Semoga ini menjadi sesuatu pemikiran yang berharga untuk kalian.
1. Terlalu banyak perhatian untuk hal pre-wedding, dan tidak cukup untuk post-wedding. Yah, benar, foto, pesta, baju, undangan, dekor semuanya penting. After all, itu acara seumur hidup sekali.
Tapi, rumah, persiapan anak, rekening bersama, asuransi, dan pembagian tugas juga penting. (honeymoon jg penting, hehe) Kadang miris melihat pasangan menghabiskan ratusan juta untuk wedding, tapi blm punya perencanaan KPR/rumah. Duduk bersama dan bicarakan prioritas.
Pesta dan upacara hanya berlangsung sehari. Pernikahan dimulai di hari selanjutnya dan berlangsung bertahun-tahun.
2. Enam bulan seblm nikah, duduk bersama seharian dan bicarakan tentang budget & prioritas. Harus tau, pendapatan gabungan berapa? Adakah aset yang dihadiahkan ortu kpd anda (lucky you!). Mau punya anak ato engga? Berapa? Mana yg penting, traveling, makan, handbag atau sepeda?
Mungkin persoalan sama-sama kerja atau hanya satu yang kerja menjadi isu yg penting dibahas. Di sini anda hrs temukan kalau ada mismatch di antara kebiasaan keuangan msg2. Prinsip ekonomi: uang terbatas, kemauan tak terbatas. Maka perlu budgeting dan prioritas.
3. Cari cara utk dikonseling. Musuh terbesar dlm pernikahan adalah ego. Pernikahan akan mengeluarkan hal ini. Jika tidak bljr mengesampingkan ego, pernikahan akan terancam. Pernikahan anda akan memaksa anda utk dewasa, karena ini merupakan komitmen. It's a serious issue.
Kalo anda bergereja,jgn anggap remeh sesi konseling. Kalo tdk punya afiliasi agama tertentu,anda ttp perlu mencari senior yg direspect ke-2 blh phk. Jk anda tdk bs mendptkannya, mungkin anda terll bangga hingga anda gagal mengelilingi diri dgn org yg lbh bijaksana.Again,soal ego.
4. Songsong pernikahan dengan penuh semangat. Hidupi lah dengan penuh tujuan. Pernikahan adalah satu bab yang luar biasa dlm hidup. It's one of the most fulfilling things you can have in life. Jgn sekadar hidup bersama. Rencanakan pernikahan yg punya tujuan.
Jgn cuma punya kapal, dan cuma terapung di laut. Kalau tujuan anda di atas kapal pernikahan hanya utk stay afloat, sedih banget deh. Do something together, jadi berkat ke org sekitar. Make each other better. Travel bareng, kerja bareng, nonton bareng. Ketawa bareng.
Nangis bareng, ngopi bareng. Doa bareng. Ibadah bareng. Mandi bareng (hi hi hi). Tapi pake logika, ga semua bs bareng. Jgn sakit bareng, it sucks (trust me). Mati bareng jg jgn, cuma bagus di dlm film. Kenyataan nya engga.
5. Ekspetasi yg benar. Hal ini berlaku ke investasi pd umumnya. Kalo pasangan anda sdg meniti bisnis, ya jgn hrp bs spending kyk sultan. Kalo pasangan anda tak mau punya anak, jgn dipaksa. Kalo ga cocok, jgn lanjut. Intinya bicarakan sblm mulai. Jgn stlh nikah baru minta ini itu.
Pepatah hokkien dari bokap gw. Boi kek hun, bak ciu khui tua tua, kek hun liao, kham ce peng bak ciu. Artinya, sblm nikah, buka mata besar2. Setelah nikah, tutup sebelah mata. Ekspetasi yang mismatch akan membuat anda dan pasangan anda menggerutu.
Intinya, invest your time well here. You'll be surprised with the upside! Makanya tdk heran, cinta adlh salah satu keputusan yg sangat mempengaruhi finansial. Anda bole gagal dlm investasi, atau punya rumah, atau pensiun. Tp pernikahan anda berhasil, akan ttp membawa kebahagiaan.
Tapi buat anda yang gagal, jgn khawatir. It's bad, tapi anda blm kehilangan jiwa anda. Pick yourself up, and move on, continue with life. Sama hal nya dgn hal baik dlm hidup, tidak semua org diberkahi Tuhan dengan hal baik itu. Yg penting jgn menyerah dlm hidup.
Terutama jika anda single mom. Atau even single dad. Jgn menyerah, krn ada org lain yg bergantung ama anda. Doa utk kekuatan. And salvage whatever remains. Tetap semangat jalani hidup ini. This post is dedicated to you all.
You can follow @ChrisAngkasa.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.