aku udah gatahan lagi sama bercandaan soal member yang makin lama makin ga waras dan kelewatan. jadi,

HAL-HAL YANG HARUS ARMY HENTIKAN DI 2020.

A THREAD
Sebelum mulai, pasti ada halhal seru tentang bts yg sering kita bicarain. Salah satunya, kelemahan. Sering kita bercanda soal kelemahan satu member sampai tanpa sadar berlebihan.

"Member lain bercanda gitu juga kok! Dia gapapa!" Oke, tapi apakah kamu termasuk member bangtan? :)
1. STOP PENGGUNAAN 'K1NG 0F DESTRUCTI0N'

Tau ini? Akhir-akhir ini, banyak army yang bercanda sampai keterlaluan soal ini.

"Jangan nyetir mobil, nanti mobilnya kebelah jadi dua"

"🐨 harus jauh jauh dari dapur, nanti kebakar"

Apa ini keliatan baik? Dia udah sering bilang(+)
Kl dia bakal lebih hati-hati. Dia gamau dibilang gt terus, itu juga bukan kemauan dia jadi orang yg ceroboh banget. Liat perbedaannya, sekarang dia lebih baik kan di dapur? Dia udah ga rusakin barang sesering itu, dia jg jd lebih perhatian.

Bisa gak sih kalian apresiasi dia?
2. STOP BILANG 🐱 PEMALAS

Memang, dia sering terlihat duduk. Diem aja liatin yg lain. Tapi kalian sadar ga sih? kl dia itu kerja dari pagi sampe pagi lagi, bikin musik. Bahkan dia bisa bikin 1 lagu perhari, itu nguras energi bgt. Jd stop bilang dia pemalas cuma karna dia lelah.
3. JANGAN PERNAH PAKAI FOTO INI

Kelihatannya lucu kan? "Wkwkw Yoongi mood banget sihhh, aku juga sama." Tau ga, cerita dibaliknya? ⬇️
"Ini adalah masalah terbesarku di 2017"

Tau, kenapa dia bilang dia mau buang diri dia sendiri? Karna dia udah terlalu stress dan rasanya ingin bebas dari semua masalah yang dia hadapi.

Sekarang, masih lucu?
4. STOP BILANG T43 BERUBAH

"🐯 kok pendiem ya sekarang?😢" sampai bilang yang buruk buruk soal dia udah pengen keluar dari grup. tf?

Semua orang berubah. Dia ga hyperactive kayak dulu, tp bkn berarti dia gak suka sama grupnya.
Mana bagian dia berubah? Dia masih orang yang sama yang kamu temuin dulu. Bedanya? Sekarang dia udah umur 20s, not 10s. So stop.
Dia memang keliatan diem, muka datar. Tapi dia pendengar yang baik. Coba perhatikan dia, dia sering banget diem, dengerin perkataan nya member dengan cermat dan gak bakal lupa soal itu.

Semua orang ga perlu jadi ceria buat jadi orang baik.
5. SI SAVAGE 🐹🐱

Sering banget di wv, 🐹 balesin post dengan bahasa 'kasar'. No, its not. Translate dari Kor ke Eng/Indo itu sulit. Keliatannya emang kaya "wow savage banget" tapi dia ga kasar. Dia bicara sambil aegyo, bahasa sopan. Ga pernah aku liat dia sampe terlalu jahat.
🐱 emang terlalu blak blakan, jujur, logis. Tapi dia ga jahat/kasar. Sering kali aku liat banyak army yang bikin dia keliatan seperti orang jahat, yg selalu kasar. Padahal? Dia sering senyum. Dia selalu peduli sm member. Dia bahkan sering ajak kt konseling. Dia itu baik bgt log.
6. STOP PAKAI FOTO MEMBER NANGIS BUAT MEME

Sering BANGET aku liat army pakai gif/foto bangtn nangis. Yg paling sering, di momen mrk menang Artist Of The Year di MAMA '16. Mrk nangis krn mrk udh mengalami hal yg sulit dr debut sampai waktu itu. Kalian sadar seberapa beratnya itu?
7. 🐯 AL1EN

Kalian pasti sadar betapa kreatifnya dia, dilihat dari karya seni nya. Tipe orang yang kreatif dan imajinasi tinggi seperti dia itu punya pemikiran yang unik. Keliatannya emang bikin kalian "apasih?" tapi mereka punya cara sendiri buat ngelakuin sesuatu.
Panggil dia "👽" cuma karna pemikiran kreatifnya???? Yall so funny. Dia emang beda, tapi bukan berarti dia orang aneh. Kenapa aku tau? Aku juga sama kaya 🐯.

"🐥 panggil dia 👽 di lagunya, kenapa kita gak boleh?"

Sebentar deh, kamu samain kamu sama 🐥? Sahabat dekatnya dia?
8. STOP NGETAWAIN CARA BICARANYA BANGTAN

Aku tau kalian semua udah tau soal ini, tapi aku cuma mau ingetin lagi.

- Bicara ditambah 'eu'. Member sering ngomong inggris terus belakangnya ada eu nya. Contoh "my hateu". Cute emang, tp ga lucu. Itu logat mereka, gada yg lucu sm itu.
Dan kata-kata lainnya.
Aku ngerti, kita emang deket sama bangtan. Mereka aja anggap kita bestfriend, kita juga sering banget bercanda bareng. Abisin waktu bareng.

Tapi inget, kita itu fans sebelum jadi bestfriend mereka. Kita emang dekat, tapi kita juga penggemar mereka. Ada batas yg ga bisa dilewati.
Jangan samakan kamu sm member. Jangan beralasan "Mereka boleh bercanda soal ini, knp aku gaboleh?". Bangtan itu dekat, tinggal bareng. Kl bercanda kelewatan, mrk bakal saling tegur.

Kl kita kelewatan? Itu cuma bikin mrk makin kepikiran dan stress, mrk gatau kalian cuma bercanda.
9. JANGAN MISGENDERING MEMBER

Apa itu misgendering? Perbuatan dimana kamu menyebut seseorang bukan dengan gender aslinya.

🐹 sering dipanggil eomma karna dia suka masak dan perhatian sama member. STOP pemikiran kayak gini.
Semua orang boleh masak terlepas dari gender. Cuma krn dia pinter masak, bukan berarti harus dipanggil dg panggilan cewe. Begitu jg dg cewe tomboy, bukan berarti harus dipanggil dg panggilan cowo.

Stop stereotip kuno ini.
baju itu gak ada batasan gender, semua orang boleh pakai apapun yang mereka mau. selama itu tidak ada unsur kebencian itu gapapa. Selain itu, member bts juga pernah pakai rok kok :)
https://twitter.com/KTHNlM/status/1292113578728685568?s=19
10. TOLONG STOP PANGGILAN INI
🐯 : tetet, mphi
🐰 : juki
🐥/🐱 : cebol, bantet (karna ini beda makna sama 'mini', those words is hard word, bahasa yang gabisa dibuat bercanda. inget, tingginya 174cm, lebih dari rata2 tinggi org indo)
🐹 : makjin
🐨 : rapmon (cuma 🐰 yg boleh)
[aku mulai nulis hal hal yang bukan 'kelemahan' seperti yang aku bilang diatas, tapi lebih kearah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan kita sebagai fans.]
11. SHIP
:)
12. MISTREATMENT

Sering bgt liat ada army yg bikin tweet soal momen2 buruk yg dialami sm bangtn. Salah satunya 🐰 di 🌼 crew.

Its ok ngingetin army soal masa lalu. Tp tlg, jgn pernah jadiin itu konten buat narik engagement. Tnp aku jelasin spesifik, pasti kalian tau apa mksdku.
13. INFO YANG MUNGKIN KALIAN GATAU

- Expensive girl itu bukan lagu dia. Ini lagu Pharrell Williams. Take it Off (Dim the Lights) dan dicover sama 🐨 pas predebut. Dia nyanyi sendiri, ga ada 🐹. Banyak yg bingung karna yt tp itu bukan ya. And stop making fun of this, please.
- Jangan panggil hobi 🐴, karakter hewan official dia 🐿 dan dia ga suka nama itu. Dia udah bilang itu terang terangan. tapi sebagian dari kita masih belum tau. Meskipun itu 🦄 (unicorn) yang keliatan indah, tetep, jangan dipakai. karna dia adalah 🐿, bukan yang lain.
14. ORIENTASI

Kita gatau orientasi seksual mereka apa, mereka juga ga pernah ngasih tau jelas. yang jelas, itu bukan masalah kita, itu privasi mereka sebagai manusia. Tolong jangan ribut soal ini.
15. STOP CROPPING KE DAERAH PRIVAT

Daerah privat yg mana? Selangkangan. Alat kelamin. Ya kadang ada momen yang bikin kalian ga sengaja salfok, tapi apa perlu disebar? Apa gunanya?

"aku kan cuma salfok!" arahnya bakal ke hal dewasa.

Itu sama aja kalian sexual harassing mereka.


aku gak ada niatan untuk menggurui. disini, kita saling mengingatkan. kalo bukan kita, emang siapa lagi? tolong jangan di telan pahit-pahit. aku gak ada atensi buat caper atau ngerasa paling bener. dan tolong jangan pakai kata-kata kasar atau aku langsung block.

sekian.

16. JANGAN PERNAH MENANYAKAN MEMBER LAIN KETIKA LIVE

Kadang kita kelewat kangen, atau penasaran, trus nanyain member lain. Itu fatal banget. 🐿 pernah hiatus live, idk what the reasons behind, tapi emang banyak yang nanyain member lain, sampe dijawab sama dia.
Coba kalo kita ada di posisi mereka. Misal pergi main kerumah temen. Sampe disana, bukan disambut, malah nanya, "eh si ini kemana?". bukannya kamu bakal ngerasa risih sama itu? Kamu disana, tapi dia malah tanya orang lain yang jelas-jelas ga ada disana. Sakit ga sih? Malu ga sih?
17. OM PEDO dan FAKBOI

pedofilia adalah kelainan seksual yang menjadikan anak-anak sebagai objek seksualnya, dan pelaku ini dinamai pedofil, singkatnya pedo.

aku sering liat foto member pas ganteng/seksi gitu, rep nya malah banyak yang "[nama member] kaya om pedo" for real?????
fakboi atau fuck boy adalah cowok yang selalu gonta ganti pasangan untuk berhubungan badan (alias s3x). got it?

telling your bias, your fav, dengan sebutan pedo, fakboi, apa mereka seperti itu? kamu sama kan mereka sama penjahat kelamin? seriously?
untuk ini.... ini sudah banyak iarmy yang negur buat ga pake ini. kl kaya "important bussiness" gitu, ya itu gapapa dipake, tapi yang bener, bukan "impotanteu bussinesseu" just because hobi pronounced it like that. mocking other pronunciation is not good. https://twitter.com/KOOMDOORI/status/1292104895856644096?s=19


sekali lagi. aku bukan ngatur. aku bukan siapa-siapa ngatur orang lain. tapi ini namanya respect. ada batasan dari "sekedar fangirling". karna sebelum mereka jadi idol mu, mereka manusia. begitu juga kamu. ini basic manner untuk sesama manusia.

aku gabela pihak manapun, semua ship dimata aku sm aja. imajinasi itu gratis, tp imajinasi ada batasan. gatau kenapa ini banyak yg salah paham, did u really read a whole text? and stop fighting please. dont take this out of context. or you'll be blocked. https://twitter.com/KOOMDOORI/status/1292125502912647170?s=19
You can follow @KOOMDOORI.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.