Bangunan Masjid Babri unik, dibangun era Dinasti Mughal, memperlihatkan ciri khas India, dgn dekorasi Persia gaya Mughal. Masjid itu dihancurkan tahun 1992 oleh kelompok nasionalis Hindu, mengakibatkan kerusuhan Hindu vs Muslim yg memakan korban 2000 nyawa.
Sekarang PM India Modi, malah menjadi imam upacara pembukaan pembangunan Kuil Sri Rama di situs masjid Babri. Dan disiarkan keseluruh India untuk menggerakkan rasa nasionalisme berbasis agama Hindu mendukungnya.

Dia lupa ada hampir 200 juta warga muslim di India! warga sendiri!
Masjid Babri itu peninggalan sejarah India, sayang sekali mereka hancurkan seperti itu. Walau bukan warga India, saya juga merasa sakit melihat bangunan keren lebih dr 400 tahun silam dihancurkan seenaknya begitu saja.
Foto tua masjid Babri 100 thn silam ketika masih dirawat. Itu peninggalan arsitektur yg bagus dan khas. Lihat warna putih, spt Taj Mahal di dekat Delhi. Bangunan2 itu peninggalan era Mughal.
Beberapa waktu sebelum dihancurkan, Masjid Babri masih digunakan warga sebagai tempat ibadah. Walaupun kondisi masjid tidak terawat benar terutama bagian eksterior.

Menyedihkan sekali melihat bangunan anggun spt itu diacuhkan, hanya krn beda agama.
Upacara memulai pembangunan pura Rama oleh PM India, Modi.

Untuk warga Indonesia, selalu ingat, Hindu Bali berbeda dgn Hindu di India. Hindu Bali sdh di-bali-kan, mengalami proses assimilasi dgn budaya Indonesia.
Umat Hindu Bali tidak akan mengikuti ulah kelompok radikal Hindu di India, karena mereka bukan Hindu India.

Demikian juga, umat Islam Indonesia tidak akan mengikuti kelompok radikal Islam di Arab, karena toh sdh mengindonesia kan? 😌😌
Gila bener, propaganda pembangunan pura Sri Rama di situs masjid Babri bahkan dipromosikan di Times Square, New York. Tujuannya apa sih?
Ternyata propaganda pembangunan pura itu sbg proklamasi bhw era India Raya sdh akan dimulai.

Untuk supaya India bangkit, perlu mendirikan pura diatas situs mesjid bersejarah? Terlihat otak org2 ini benar2 ada masalah besar.
Dengarkan, era India dimulai. Abad ke-21 milik India.

Tekad bagus, moga2 sukses, tapi apa perlu dilakukan dgn membuat hampir 200 juta warga muslim India sakit hati? Apa tidak bisa dilakukan dgn cara damai bareng2 dgn warga muslim?
Alasan yg dipakai bahwa tempat itu ada kuil dulu sebelum dibangun Mughal, sangat lemah. Krn pendapat itu muncul SETELAH mereka mulai mengklaim tanah tsb. Sudah tentu sesudah mesjid dihancurkan dan digali ada bekas peninggalan, tapi itu apa? ga jelas.
JIKA benar disana ada kuil tua peninggalan sejarah, juga tidak seharusnya dihancurkan masjid yg juga bersejarah. Spt Mesjid Al-Aqsa di Jerusalem, dipercaya ada kuil Yahudi dibawah, apa dgn itu Masjid Al-Aqsa boleh dihancurkan?
Dan JIKA benar ada peninggalan tua yg ditemukan setelah masjid dihancurkan, maka tindakan masuk akal adalah bukan membangun kuil baru di atasnya, tetapi DIGALI, dicari peninggalan, dan kemudian dijadikan museum.

Seperti situs2 peninggalan kuno di negara2 lain.
Akhirnya dimana letak lokasi mitos, ya susah diteliti oleh arkeolog.. gimana cara meneliti sesuatu yg tidak pernah ada?

Makanya ribut2 soal Ayodhya dimana, itu terjadi di antara politisi, semua demi kepentingan politik.
Ayo politisi Indonesia boleh juga menetapkan dimana tempat Sangkuriang menyepak perahu sehingga menjadi Tangkuban Perahu. Ntar disana dibikin Monumen peringatan "Monumen Sangkuriang Sepak Perahu".

Mitospun dipaksa jadi sejarah.
Dalam sejarah India, ada 2 era terbaik dimana peradaban India melahirkan karya2 tinggi. Pertama adalah era Maurya dgn raja terkenal Asoka, penganut Buddhism, kira2 200 sM.

Kedua adalah Era Islam, era Kesultanan Delhi dan Imperial Mughal yg membangun Taj Mahal.
Kelihatannya gegara Hindutva, era2 keemasan ini mau dilupakan dan dihapus dari India. Era2 keemasan ini terjadi justru krn dalam era2 ini India terbuka. Imperial Mughal (pengaruh Mongol & Persia) menjadi imperial paling elegant di India.
Bangunan dan arsitektur paling terkenal di India berasal dari Imperial Mughal, yaitu Taj Mahal. India mau menghapus warna Islam gimanapun, susah dilakukan, krn jejak2 budaya ini membekas dalam. Mau dirobohkan semua?
Banyak pendukung pembangunan Kuil Ram bilang pengadilan menyatakan bangunan Masjid Babri sebelumnya itu ILLEGAL.

Wow, itulah India. Bangunan dari abad ke 16, bisa diklaim tidak legal oleh pengadilan dari sistem British Raj di abad ke 21. Itu BS semua.
Ntar2 kalau Khilafah berdiri di Indonesia, lalu bikin pengadilan dgn sistem Khilafah, dan menyatakan Prambanan dibangun tanpa IMB? atau dibangun di atas tanah illegal?

Itu semua nonsense..
Bangunan era Dinasti Mughal, gimana boleh dinyatakan illegal oleh pengadilan dari era Republic? Pada waktu Mughal, itulah sistem yg sah dan legal di India. Kecuali mau bilang seluruh sistem Dinasti Mughal yg ratusan tahun itu tidak legal. Itu BS banget..
Dalam pandangan sejarah, seluruh proses pengadilan soal ini di India, tidak masuk akal dan biased. Ga mungkin pengadilan abad-21 bisa menetapkan legalitas bangunan bersejarah yg dibangun 5 abad sebelumnya.
Ada yg bilang, lalu gimana dgn penghancuran patung2 Buddha di Bamyan Afghanistan oleh Taliban? Ya itu juga kelakuan biadab.

Penghancuran di Bamyan tidak berarti penghancuran Masjid Babri thn 1992 bisa dibenarkan, apalagi kemudian bangun kuil diatas masjid yg dihancurkan.
Bukan hanya pendukung Kuil Ram yg muncul di Amerika, keturunan India (sekular dan muslim) terlihat protes di New York - protes akan berpalingnya India ke arah fanatisme agama Hindu.
Sebelum India merdeka dari Inggris, Nehru menulis buku untuk tentang landasan keberadaan India - The Discovery of India. Perlu diingat, India tidak selalu India, dulu adalah banyak kerajaan dgn banyak bahasa. Pertanyaannya: Kapan proses Indianisasi dimulai, dan oleh siapa?
Menurut Jawaharlal Nehru (yg kemudian menjadi PM pertama India), yg memulai proses Indianisasi adalah sultan2 Dinasti Mughal. Dalam dinasti ini, fondasi diletakkan untuk masyarakat dgn budaya2 campur baur menjadi satu kesatuan.
Para proponen Hindutva di sosmed, berusaha keras menghapus Mughal dari sejarah India, seakan2 itu cuma negatif belaka. Iya, mereka itu penakluk. Tetapi tanpa mereka, belum tentu India jadi India yg sekarang. Demikian juga dgn British Raj, mereka yg meneruskan kerjaan Mughal.
Bergeraknya India ke arah identitas Hindu, bukan hanya menyebabkan kemarahan warga muslim, tetapi juga ada sebagian yg kembali mengidentifikasi diri dgn tradisi Hindu.

Itu wajar ya, jangan selalu dianggap jelek. Warga sering berpaling memeluk agama penguasa.
Wanita2 muslim India mulai lagi tradisi pemujaan terhadap Sri Rama. Mereka melakukan Shree Ram aarti. Aarti itu ibadah puja dgn mempersembahkan api pada yg dipuja.

Saya melongo melihatnya, tetapi tetap menghargai mereka, apapun yg mau dipuja terserah.
Dan ini juga terjadi di Arab, muslim di Arab (mungkin dulunya asal India) mulai tradisi menyanyikan lagu sembahan (bhajan) terhadap Sri Rama. Ini sdh berlangusng cukup lama.

Ok, ini sisi lain dari pergolakan muslim vs hindu.
Dibawah Masjid Al-Aqsa di Jerusalem, ada batu fondasi yg oleh umat Yahudi dikenal sbg tempat altar Bait Allah dulunya berada, Terkudus dari Yang Kudus.

Hmm.. skr Jerusalem dibawah Israel, bolehkan Al-Aqsa dirubuhkan dan dibangun Kuil Yahudi spt dulu?
Kelompok Yahudi ultra-orthodox lagi gosok2 tangan, mereka memberikan foto Jerusalem dgn Al-Aqsa diedit diganti dgn gambar Bait Allah yg mrk mimpi akan bangun ke Dubes Amerika.

Lakukan, dan dunia akan gempar. Heran kenapa org2 sukanya saling sodok gituan.
India barusan menjadi negara ketiga dgn kasus C19 menembus 2 juta. Mungkin karena itulah pembangunan Kuil Sri Rama Ayodhya harus dipercepat, karena dipercaya itulah obatnya. Coronavirus lenyap kalau kuil sdh selesai dibangun.
Banyak sekali netizen radikal Hindu dari India kirim foto ini seakan2 ini foto Masjid Babri, itu hoax.

Ini gambar Mesjid Gyanvapi di Varanasi, memang jelas dibangun dari kuil di jaman Mughal juga. Partai BJP mau merebut semua masjid spt ini.
Saya tidak bilang tidak ada kuil yg dijadikan masjid jaman dulu. Tetapi jika kejadian2 500 thn silam harus diperhitungkan saat ini, maka yg terjadi adalah pertikaian hebat.

Tapi terserahlah kalau India mau perang sipil, silahkan, monggo..
Padahal bangunan2 era Mughal juga peninggalan sejarah India, sayang sekali kalau semakin banyak yg harus dirubuhkan. India sepertinya tidak ada rasa cinta sama sekali dgn peninggalan sejarah, kalau yg bikin bukan kalangan agamanya sendiri.
You can follow @Mentimoen.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.