Before I start, jangan pernah mikir kalo pernikahan w adem ayem nggak pernah diterpa gelombang angin topan or w jago banget handle setiap masalah yang ada di rumah tangga w ya. I love to share this because I already know the TRUTH, and I hope you can learn this too. ^^
So, berapa banyak dari kita para istri yang suka membandingkan apa yang sudah kita lakukan sebagai istri dengan apa yang sudah pasangan kita lakukan sebagai suami?
Like, "capek loh gue dari pagi urus rumah, urus anak, urus tetek bengek ono itu, pulang kerja bantuin dikit kek istrinya biar bisa rebahan sebentar, ini malah diem aja maen hp/ maen games."

Hayooo??? Siapa pernah begini???
"Di kantor secapek apa sih emang? Rasain deh jadi gue sehari aja dari pagi sampe malem nggak ada berenti gerak, baru mo duduk aja udah denger anak ngak ngek ngok."

Pernah?
Seberapa sering kita para istri berfokus sama apa yang belum dilakukan oleh suami tapi lupa dengan apa yang sudah ia lakukan? Seberapa sering kita "menyepelekan" segala sesuatu yang suami kita lakukan karna berfikir itu memang tugasnya?
Coba tanya diri sendiri, kapan terakhir kali kamu berterima kasih ke suami atas segala sesuatu yang sudah ia lakukan? Atau jangan-jangan kamu udah nggak pernah appreciate lagi sama apa yang sudah ia lakukan karna menurutmu kamu lebih banyak berkorban?
Dulu pas masih pdkt w yakin usaha sekecil apapun yang suami kita lakukan pasti dengan mudah kita hargai, kita puji, bahkan kita banggakan di depan orang lain. Tapi pas udah nikah, kemana perginya itu semua?
Ada yang bisa jawab? Ku tungguin nih, sebelum ku lanjut. âœŒđŸ»
Sadar nggak sih kalau kita sering banget membandingkan kehidupan rumah tangga kita dengan kehidupan rumah tangga orang lain yang 'kelihatannya' lebih baik (yang belum tentu lebih baik juga) ?
"Ih, enak banget ya jadi dia tuh suaminya pengertian dan 'keliatan' sayang banget sama keluarga."
"Kalo aja laki w kek lakinya sih anu, duh pasti w bahagia banget."

At the end kita jadi nggak bisa menghargai apapun yang dilakukan suami karna fokusnya ke yang belum ia lakukan.
Jujur, jarang banget nemuin istri yang membandingkan dirinya dengan istri lain yang kondisinya mungkin lebih buruk dari mereka. Kebanyakan membandingkan dirinya dengan seseorang yang sedikit "lebih baik" (atau bahkan yang jauh lebih baik).
Setelahnya kebanyakan istri jadi suka (banget) berasumsi,

"kok nggak ada inisiatif sih?"
"perhatian dikit kek."
"kok nggak ada hati banget sih ngeliat bini beberes bukannya bantuin."
"kok ini, kok itu..", dsb ....

ke suami.
Banyak istri yang jadi nuduh suaminya nggak sayang lagi, berubah, careless, dll. Sementara kita sebagai istri nggak sadar kalau sebetulnya bukan karna suaminya nggak perduli melainkan HE DON'T KNOW WHAT TO DO.
Istri mikirnya, "kalo lo cinta sama gue seharusnya lo tau dong gue maunya apa, masa kek ginian doang kudu diajarin" (w geli banget kalo mikir w dulu pernah mikir gini juga). Menempatkan posisi suami seakan-akan dia Tuhan yang bisa baca pikiran orang lain.
One day, Papai diminta beli mainan sama Elzar Arne. Pulang-pulang yang dibeli Playdoh sama slime. I swear to God, I really hate this toys karna bikin berantakan rumah dan lengket di lantai. Dan ujung-ujungnya pasti w yang beresin.
Ditambah lagi nggak ada ART waktu itu jadi berasa banget capek tiap hari bawaannya mau marah mulu. But instead of marah-marah, tetep harus liat sisi positifnya Papai mau nurutin kemauan anaknya untuk beli mainan walaupun niat baiknya tanpa sengaja bikin w makin capek.
Sebagai istri kita seharusnya bisa belajar untuk berkomunikasi dengan cara komunikasi suami (re:ngomong langsung bukan pake kode/bahasa tubuh banting-banting barang karna udah kesel). 😂
Buk ibuk, percayalah suami tuh sejujurnya clue-less banget. Jangan ngebandingin kayak, "aku aja tau kamu maunya apa, masa kamu nggak bisa paham aku maunya apa, inisiatif kek". Suami kalo mau ngajak ML, pasti langsung ngomong. Kalo istri? Kebanyakan tengsin kalo ngajak duluan. 😂
Jadi tolong buang jauh-jauh pikiran kalo suami cinta seharusnya bisa baca pikiran istri. Keliatannya romantis emang, tapi pikiran semacam itu merusak dan nggak realistis (terkecuali suamimu itu magician yang emang bisa baca pikiran orang). Wk.
Kalo pemikiran semacam ini terus berlanjut yang ada hubungan pernikahan kita bakal jadi malapetaka. Kita nggak akan bisa berkomunikasi dengan cara yang dewasa.
Nggak ngomong jujur sama apa yang kita mau ke suami sama aja kayak mendorong diri kita untuk terus membenci sikapnya yang ternyata sama sekali nggak paham sama cara berkomunikasi istrinya.
Coba deh, ngomong langsung ke suami maunya apa. Kalo lagi butuh temen cerita ya ngomong. Kalo lagi pengen dipeluk, ngomong. Kalo lagi pengen tuker pikiran, ngomong. Kalo lagi pengen dibantu sesuatu, ngomong. Jangan berharap suami nebak apa yang kita butuh.
Kayak w liat berlian lucu w ngomong. Masalah dibeliin atau enggak ya urusan nanti yang penting udah ngomong. 😂 #usahaajadulu
You can follow @mommy_elzar.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.