Hmmm. Kenapa sih orang-orang suka banget comparing idol gue lebih menderita dari idol lo? 🧐 https://twitter.com/pcyycho/status/1276112981609201665
Agak aneh aja sih. Walaupun SM emang nyebelin at some parts, tapi pada dasarnya adil doesn’t mean “lo dapet 20, gue juga harus dapet 20”. Lagipula ini bisnis, bukan semata ngasih hiburan cuma-cuma ke masyarakat. Ada banyak pertimbangan dan penilaian untung rugi.
Kita ngomongin soal LS dulu, deh. Menurutku, pada dasarnya SM dari dulu emang ga niat punya official LS. Mereka lebih suka jualan LS yg disesuaikan sama konsep konser. Aku rada ngerti karna ini semacam gimmick dan kelihatan lebih eksklusif. Jadi tiap LS punya ceritanya sendiri.
Cuma mungkin ngeliat pesaingnya pada punya lightstick, mereka akhirnya berubah strategi. Dibuatlah official LS. Tapi again, SM want to do more. Mau beda. Dibuat tuh LS bisa warna-warni selama konser, ngikutin konsep Xylobands Coldplay. Kayanya baru SM kan yg kaya gini.
Soal inovasi SM memang keliatan selalu mau paling depan. Makanya kalo protes kenapa sih lambat rilis LS, karna memang bukan itu tujuan utama mereka.
Dan bikin desain LS yg sifatnya everlasting ga bisa sembarangan. Harus dipikirin semua aspeknya. Material, desain, warna, ketahanan, dll. Pasti semua fandom ga mau dong dikasih LS bentuknya jelek dan gampang rusak? Apalagi high tech, otomatis investasinya ga sedikit.
Dan balik lagi, semua ada prioritas karna ini bisnis. Iya, kita pasti akan bilang semua idol punya pasarnya masing-masing. Iya, keliatannya fandomnya besar. Tapi apa data di lapangan beneran begitu? Apakah fandom besar sejalan sama kemampuan/keinginan mereka untuk spending money?
Kita ga bisa asal ngomong, harus ada data absah. Udah gitu, SM punya agendanya juga. Waktu Suju di puncak karier, SM bisa aja fokus sama Suju. Tapi kayanya SM bukan tipikal YG, yg bergantung abis-abisan sama satu artisnya aja.
Kalo sampe kenapa-napa sama Suju, atau sebelumnya sama DBSK, harus ada yg bikin bisnis mereka tetep jalan. SNSD, SHINee, FX, EXO dipromosiin juga.
Dan dianalisis, siap yg paling menjanjikan? Siapa yg paling laku? Di mana aja fanbase gedenya? Dan masih banyak lagi.
Kalo SNSD dibilangin kurang promo, mungkin kamu masih pemain baru di dunia kpop ini. SNSD ini anak emas SM banget pada masanya. Kehebatan mereka adalah bisa narik massa ga cuma fans cowok (yg dianggap kurang loyal), tapi juga fans cewek.
SM invest gede banget di mereka saat itu karna mereka berencana didebutin di US. Tapi ternyata ga tembus. Gongnya adalah Jessica cabut. Fandom pecah karna Jessica termasuk top 3, apalagi narasi yg dia gaungin adalah dia didepak. Kalo jadi fansnya pasti cabut lah.
Belum lagi “scandal” pacaran membernya yg kebongkar satu per satu. Kalo jadi pebisnis, apa kalian berani take a risk invest gede-gedean buat grup yg fandomnya mulai ga stabil? Angkanya bukan cuma jutaan, tapi bisa miliaran. Silakan direnungkan masing-masing..
Jessica didepak dari SNSD bukan karna SM. Ga usah denial emang grup ini membernya punya bad blood. Kalo membernya pada cabut ya mungkin karna mereka udah ngerasa SM ga nguntungin lagi atau mereka ga berkembang. Nguntungin ga cuma soal materi, ya. Dan balik lagi ini soal bisnis.
Permasalahan dari SNSD adalah member yg stay dan beneran bisa nyanyi dengan bagus cuma Taeyeon dan Sunny. Mau mereka konser nyanyiin porsi 9 orang? Taeyeon sama Sunny yg engap. Mungkin nyakitin, tapi harus bisa terima kenyataan.
Jessica keluar aja keliatan kok Taeyeon abis-abisan. Tifanny dipaksa ambil part Jessica, dan keliatan ancurnya. Bukan karna dia ga bisa nyanyi, tapi memang range vocal dan tekniknya pasti beda. Tiffany selalu failed nembak tanda tinggi. Untuk Seohyun cepet catch up.
Mereka berdelapan aja sulit pecah pecah suara, apalagi berlima dengan member yg suaranya paling bagus cuma 2. Mau bikin konser etc? Yah gimana ya...
Sekarang FX. FX ini sebenernya banyak muncul di mana-mana. Tapi mereka ini rada mirip sama suju. Vic sama Krys ini ditonjolin acting-nya, Sulli cantik jadi dipromoin di banyak acara, sementara yg 2 diendapin di bawah tanah. 😌
Beda sama SNSD yg notabene digembleng suruh nyanyi dan activity bareng (mungkin cuma Yoona sama Jessica yg sibuk), mereka dari awal emang banyakan masing-masingnya. Jadi ga heran pas kumpul as a group, yg paling dapet spotlight cuma yg 3 itu.
Secara musik, FX ini juga agak nyeleneh. Mereka kaya semacam projek SM yg dibuat ga ngikutin pasar. Dan kesulitan yg lain, yg paling bisa nyanyi (Luna) ga sekarismatik Taeyeon. Jadi ya gitu deh...
Apalagi di masa FX, SM lagi di atas angin. Mereka punya suju, snsd, shinee yg berhasil di pasar, dan momentumnya pas: Hallyu 2.0 alias "New Korean wave" dimulai. Jadi SM fokus banget ekspansi yg udah gede. Effort mereka buat FX ya seadanya aja.
Kesulitan FX berikutnya adalah membernya ada yg orang China, Vic. Kita ga bisa abai sama permasalahan politik karna pasti ada pengaruhnya sama regulasi dsb. Korsel kejepit antara “perang” US dan China. Ga bisa musuhan sama US, tapi ga bisa musuhan sama China juga.
FX ini secara konsep sebenernya bagus dan cukup berani. SM mau kasih liat kalo mereka nabrak batasan GG itu harus manis-manis (2NE1 kasus khusus) dan ngusung musik yg agak beda. Makanya mungkin FX lebih diterima sama internasional. Apalagi karna ada Amber di sana.
Yah intinya sih FX ini muncul di waktu dan situasi yg kurang tepat. Jadi mereka ga bisa jadi sebesar itu. Dan jangan lupa, spotlight terbesar di grup ini jatoh ke Sulli.
Ketika “skandal” pacaran dia keluar, udah bisa dipastikan kondisi fandom ga stabil. SM yg emang posisinya sulit makin kewalahan.. Bingung juga kali mereka mau ngakalinnya gimana.
Sementara itu, SM juga lagi nyiapin EXO. Mereka lumayan surprised suju bisa berhasil. Suju-M pun berhasil. Formulasi yg sama akhirnya diterapin ke EXO. Debut 12 orang. Bisa promo di Korea sekaligus di China. Makin terlantar lah FX. 🙈
Projek EXO ini dibuat segede mungkin. Pasti mahal lah. Daripada SM bertaruh bikin konser FX yg effortnya lumayan (bikin konser itu susah), mending difokusin ke EXO. Dan SM ga salah langkah. EXO laris manis. Fans yg ditinggal idol mereka wamil pada loncat. 😊
Buat RV, agak bingung juga sih. Tapi menurut gue, SM masih mau usaha ngedobrak pakem “GG” lewat RV setelah kegagalan mereka di FX. Makanya lagunya mirip-mirip lah nyeleneh. Lagi-lagi sayangnya, RV hadir di saat yg ga tepat. Saingannya beraaaat. 😅
Selayaknya SNSD yg curi panggung di antara GG seangkatannya, Twice dateng ngobrak-ngabrik. Cuma jeda sebentar, YG keluarin Black Pink. Ini kaya 2NE1 vs SNSD vs Wonder Girls part 2. Publik kepecah. Dan keliatan, Twice unggul pesat. Publik Korea suka sama yg modelan begini.
Dan di saat itu juga banyak pilihan. GG yg bukan dari Big 3 bagus-bagus juga. Apalagi sekarang penggemar kpop udah mulai warna-warni isinya karna korean new wave tadi. Ada Momoland, Mamamoo, Girlfriend, etc. Ya makin berat buat RV sapu bersih.
Kenapa si A ga punya YouTube? Kenapa si B ga punya sosmed? Kenapa si C ga dibikinin konser online? Sorry to say this, but itu bikinnya pake duit dan tenaga semua. Ada orang yg digaji untuk jadi admin, ada orang yg digaji buat mikirin ide kontennya, dsb.
Permasalahannya, apakah hasilnya akan sepadan sama apa yg dikeluarkan? Bisa jadi iya, bisa jadi enggak. Cuma namanya bisnis harus tega. Ini bukan cuma semata soal uang, tapi juga tenaga dan ide.
Liat probabilities, amatin pasar, survei, dll. Semuanya akan keliatan mana yg harus diprioritasin. Walaupun kita sebagai fans pasti kecewa karna idola kita kelihatannya ga didukung, tapi teriak adu kenceng siapa yg paling menderita kok ya gimana gitu. Ehe.
Kasian sama grup yg berjuang sih. Jatohnya kalo berkoar paling menderita, malah jadi keliatan seolah-olah berusaha ngeredupin sinar yg lain. Mereka semua sama-sama kerja keras kok.
Dan semuanya pasti ada masanya. Industri entertainment emang seberdarah-darah itu. At least SM ga kaya YG yg artisnya pada dikunciin di bawah tanah. Mereka tetep dikasih field buat promosi dengan jalurnya masing-masing.
Kalo gue menilai SM udah kasih sendok buat masing-masing artisnya. Sekarang mereka yg nentuin sendiri gimana jalannya. Apakah lo bisa bertahan atau ga.
Makanya gue salut sama suju. Mereka udah ga dipromoin SM dari kapan tau, tapi tetep bisa eksis. Karna mereka usaha puter otak gimana caranya bisa masarin karya mereka.
Nyebarin hint di sosmed, promo di home shopping program, collab sama musisi latin, ngejamah negara-negara yg blum pernah disambangin artis kpop lain, dll adah bentuk strategi mereka supaya bisa floating di industri.
Jadi, baiknya hati-hati sama kata adil. Karna adil ga berarti porsinya harus sama. Dan bukan berarti juga lu yg paling menderita seantero kpop. Tiap idol atau fandom pasti pernah diperlakukan ga adil.
Marah boleh, tapi jangan membabi buta yg ujungnya malah bikin orang lain tersinggung. Ini juga jadi pengingat buat gue sendiri. Please ekspektasi diturunin dan jangan terlalu terobsesi. Kalian nanti stres sendiri. Kalo kondisi kpop lagi ga enak, cari kesenangan di tempat yg lain.
Sebagai penutup, ini murni opini. Bisa jadi salah bisa jadi bener. Tapi gue jarang salah sih. 😛 Ga deng canda. Wk. Feel free kalo ada yg ga setuju atau counter balik dengan opini yg berbeda.
You can follow @jageundalnim.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.