Kalau prinsip aku: you only live once so make the most of it. Tapi, jangan hidup tanpa safety net juga. Tabungan harus ada, tapi jangan sampai buat diri sendiri susah. Bisa kok nabung dan invest tapi tetap hidup layak.

Jangan terlalu boros, jangan terlalu pelit ke diri sendiri. https://twitter.com/puty/status/1275792365454680064
Ada yang bilang gini: hidup sebenarnya nggak mahal. Yang mahal itu gaya hidup.

Kejadian dong di aku.

Pernah kerja dengan gaji 5 juta, and I was fine. Lalu pindah kerjaan dan gajiku melejit sampai puluhan juta, hasilnya nggak ada.

Let me tell you a story about this.
Waktu pindah kerja dari penulis freelance ke kerja kantoran sebagai editor naskah, aku seneng banget dapet gaji sampe 12-13 jutaan. Naik 100% lebih dari penghasilan sebelumnya. Jujur aja aku kaget dan norak banget. Mulailah foya-foya. Nabung? Apa itu? Gak penting!
Setiap bulan duit gaji selalu abis. Nggak ada yang namanya kepikiran nabung.

Tiap hari makan di resto, hobi ngafe, starbucks tiap pagi, ngantor naik taxi, beli baju, sepatu, whatever I like pokoknya.

Ada yang senasib gak? 😂
Gaji naik, gaya hidup naik. Tadinya makan di warteg udah happy, karena kerja di gedung kece makannya jadi di resto. Akhir bulan ya ngesot ke kantin karyawan. Begitu udah gajian, foya-foya lagi.
Nah, di tahun berikutnya spendingku makin gila. Selain gaji pokok aku dikasih proyek nulis sinetron juga. Beuh. Sebulan bisa dapet 40juta. Udah gitu, masih ada tambahan lagi, karena akunku followersnya terus bertambah dan ada aja campaign yang masuk. Sebulan aku bisa dapet 60mio.
Dari tinggal di rusun pejompongan, aku pindah ke apartemen rasuna. Sewanya setahun 60 juta. And I said to myself, I can afford this so this is okay. Tabungan? Tetap nggak ada. Investasi? Lol are you kidding me?

Masih shock penghasilan mendadak melejit pokoknya.
Aku juga hobi banget traktir temen-temen walau mereka gak minta. Emang gak bisa pelit, dan bawaannya seneng aja kalau bisa jajanin temen. Ada yang pinjam uang? Oh bolehhh. Apakah aku tagih? Enggak. Seringnya malah lupa siapa pinjam berapa -___-
So anyway, akhir 2012 kalo gak salah aku ke ujung genteng bareng temen-temen. Di sini lah si @myARTasya ngamuk. Aku diomelin karena terlalu boros.

“Coba lo itung setahun ini kalau lo nabung udah kebeli mobil, Lex!” Begitu semprotnya. 😭
2012 itu dari ngebuzz aja aku bisa antara 20-50jt. PERBULAN. Itu belum termasuk gaji + duit nulis skenario. Kerja beberapa bulan, seharusnya beli mobil, cash. Tapi... satu-satunya tabungan hanya sekeping logam mulia yang ujung-ujungnya kujual buat nonton Coldplay di Aussie wkwk
Anyway, karena dicaci maki itulah aku jadi mikir. Gila ini sampe kapan penghasilan aku segini? Gak bisa nih kayak begini. Aku harus berubah. Mulailah aku ngerem pengeluaran. Setahun kemudian aku bisa beli mobil.
Aku masih tetap jajan, aku masih tetap beli baju, tapi aku udah nggak segila dulu. Berhenti minjemin duit ke orang juga karena pada hobi minjem giliran harus bayar pada amnesia.

Yawda kuanggap sedekah aja yang kek gini 😂
Gimana cara aku nabung? Well tiap bulan aku menyisihkan uang untuk kebutuhan pokok, lalu bikin komitmen nabung sekian setiap bulan gak boleh bolong di rekening investasi. Sumpah rasanya tuh aman begitu sadar punya safety net.
Satu hal yang bikin aku bersyukur banget: seboros-borosnya aku, gak ada yang namanya sampe ngutang. Udah diajari dari kecil soalnya.

Mizqueen bole, ngutang jangan. Apalagi ngutang buat jajan yang ngadi-ngadi.
Emang bener sih, seenak-enaknya hidup, adalah hidup tenang tanpa hutang.

✨✨
Btw, ketika kita disiplin nabung, mau jajan ini itu otomatis mikir:

Do I need this or is it just a ‘want’?
Kalau butuh, seberapa butuhnya? Fungsinya apa? Buat gaya apa memang esensial?
Punya barang yang serupa? Kalau punya, buat apa beli?

Train of thought makin panjang. 😂
“Kalau aku beli barang ini, bakalan ganggu cashflow gak?”
“Kalau beli, masih bisa nabung gak?”

Kalau gak ganggu cashflow dan bisa nabung, maka boleh jajan. Kalau maksa beli biar terlihat keren padahal pos nabung belum dipenuhi, then it’s a no. Dipuji gak bikin tabungan nambah wk
Terus satu lagi pertimbanganku: udah makin tua, kalo sampe amit-amit butuh dana darurat, jangan sampai merepotkan orang lain, jangan sampe minjem, jangan sampe nyusahin keluarga juga.
Itu sebabnya aku bikin rekening terpisah dari rekening utama biar gak gatel. Gak ada kartu atm-nya pun. Jadi duit di sini ya memang gak akan dipakai.

Istilahnya it’s a saving for the rainy days because you’ll never know what will happen in life.
It took me two or three years to realize bahwa ‘duit gak akan selalu ada jadi rem sifat boros u njing’ karena roda kehidupan nggak selalu di atas.

Badai pasti akan menghampiri, namanya juga hidup. Kita bisa sakit, mendadak kehilangan kerjaan, atau kena musibah. So, be prepared.
Yawda segitu aja sharingnya. Siapkan dana darurat kalau bisa, gaes. Kalau masih hidup dari paycheck ke paycheck, ya gpp juga. Tapi.. coba deh cari sampingan.

Hidup bergaya bisa nanti-nanti kalau safety net udah ada. Itungan simpel aku min ada duit cadangan 6 bulan pengeluaran.
Dana darurat udah ada? Well, it’s time to invest. Sekarang nabung saham bisa dari 100 ribuan, kok (katanya sih ini periode sale karena harga saham pada turun) Mau beli obligasi? Tuh, ORI17 baru keluar. Mayan bunganya di atas 6%.
Udah ada dana darurat udah ada investasi dan bingung duitnya mau diapain? Sini aku tampung. Cashtag aku $amrazing WKWKWKWKWKWKKWKWKK.
Satu lagi yang harus ada:

Find a support system, teman baik atau keluarga atau siapa pun yang dengan gagah berani memaki dirimu kalau udah kelewat boros.

Ini penting sih. Apalagi untuk makhluk impulsif yang suka jajan gak pake mikir. 😙🤟🏻✨
This is so trueeeee! Beneran deh, punya tabungan lalu bisa beli apa yang kita mau secara CASH, beuh... https://twitter.com/carinaadhitia/status/1275817703488417792?s=21 https://twitter.com/carinaadhitia/status/1275817703488417792
Ini ada sebuah pesan dari kelas investasi yang aku ikuti dan nonjok sampe ke ulu hati:

If you think it’s too pricey then maybe you’re not the target market and it’s not made for you.

Kalau untuk beli mesti ngutang bukan bayar cash, berarti kamu belum mampu.
Astaga ada yang beneran transfer. Aku becanda padahal 😭 sesuai amanat pay it forward-nya yang juga aku anut, drop your cashtag. 3 juta untuk tiga orang.
https://twitter.com/amrazing/status/1275817595606712320?s=21 https://twitter.com/amrazing/status/1275817595606712320
Done. Semoga bermanfaat. Mwah.
You can follow @aMrazing.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.