7. Poin berikutnya yang ga kalah penting adalah usahakan kamar kita punya [TEMA]. Gw pilih tema simpel dan minimalis dengan nuansa putih biar kamar gw terkesan lebar dan bersih (FYI kamar gw uk 3.5x3m).
Nanti semua yg lo tambahin ke kamar wajib sesuai dengan tema yg lo pilih.
8. Gw akan jelasin item dan detail yang menurut gw membantu menciptakan kamar nyaman ala kamar hotel.

[ITEM 1: Sprei]
Sprei buat gw adalah nyawa kamar. Tiap masuk kamar, pandangan otomatis menuju sprei. Pastikan sprei selalu bersih dan bebas dari kotoran. Rutin mengganti sprei..
9. ..juga membantu kamar lebih nyaman. Gw punya 4 sprei dengan interval pakai sekitar 2 minggu per sprei. Bahan sprei ada banyak mulai dari katun, tencel, sutra, jacquard, dll yang menentukan dingin/tidaknya sprei, daya serap keringat, daya tahan luntur dll. Sesuaikan bahan..
10. .. dgn budget dan pilih motif & warna yang sesuai dengan tema awal. Gw pribadi pilih motif polos dengan single color sesuai dengan tema awal gw simple dan minimalis.

Tips 1: Semua sprei gw adalah custom ke penjahit sprei. Banyak jasa penjahit di internet/market place..
11. ..sesuaikan dengan budget. Bahan favorit gw adalah tencel 60s/katun organik karena menyerap dingin (walau AC mati, sprei tetap adem) & lembut. Jahit sendiri juga bisa bikin hemat 1/3 harga dari item yang sama yang dijual di High End Department Store.
12. [ITEM 2 : Bedcover/Ouilt Cover + Quilt]
Usahakan warna dan motif BC/Quilt Cover melengkapi warna sprei yang kamu pilih (lebih baik lagi kalau 1 set sehingga kombinasi warnanya dapat). Oiya yang belum tahu beda BC &QC adalah; BC dijahit menyatu dengan isian di dalamnya..
13. ..sdgkan QC adalah sarung dari Quilt (duvet, berupa bedcover putih polos tipis) jadi kaya pake sarung sehingga bisa dilepas pasang dengan Quilt/Duvet yang sama. Aku pakai QC karena lebih ringan, lebih adem dan lebih hemat karena kalau dicuci, hanya perlu covernya doang.
14. Tips 2: Bahan Quilt (Duvet) ada bermacam-macam (Silikon, bulu, kapas, dll). Yang perlu diperhatikan adalah TC (Thread Count). Makin tinggi berarti semakin lembut dan dingin. Gw order di Toped dengan keyword Quilt Hotel. Biasanya TC nya di level 250-300.
15. [ITEM 3: Bantal/Guling)
Pengalaman tinggal di hotel, disediakan 4 bantal tanpa guling. Gw pribadi ga pakai guling tapi gw sediain buat jaga-jaga kalau lg pengen meluk sesuatu hihi. Gw beli tambahan 2 bantal sehingga total ada 4 bantal dan 2 guling. Sesuaikan dengan ukuran..
16. ..ranjang kamu ya, kan ga lucu ntar kamu rebutan space tidur dengan bantal/guling.

Tips 3: Kalau pakai 4 bantal kaya gw usahkan beli sarung yang beda warna tapi masih saling melengkapi seperti Light Grey +Dark Grey atau Light Blue + Dark Blue. Beli dimana? Di market place..
17. ..atau kalau mau repot tinggal beli di IKEA, tapi dengan harga yang relatif mahal.

[ITEM 4: TIRAI/GORDEN)
Selain sprei, gorden menurut gw adalah nyawa dari kamar. Awal-awal mau beli gw bingung ada banyak banget jenisnya (blinds, sheer, cascades, dll). Gw pilih yang ini..
18. .. karena ini tipe gorden favorit gw pas dulu main The Sims :D.

Tips 4: Gw pilih bahan Blackout yang bisa block total cahaya matahari. Karena kamar gw jendelanya adalah kaca semua, kalau mau tidur lebih lama, tinggal tutup tirai dan voila, gelap gulita seperti malam hari.
19. [ITEM 5: Tanaman]
Jarang sih ada tanaman dalam kamar hotel, tapi menurut gw ini bisa bantu bikin kamar nyaman. Gw pilih Monstera karena selain tampilannya yang unik katanya sih bisa bantu hasilin oksigen di malam hari jadi bisa bikin tidur lebih nyenyak & bangun lebih segar.
Tips 5: Ada banyak yang jual tanaman siap pajang di IG dgn harga relatif mahal. Kalau mau lebih hemat bisa beli sendiri tanaman & pot di pasar tanaman. Gw beli di IG teman gw karena efisien dan siap anter (ingat di usaha teman jangan minta diskon, kita harus bantu).
20.[Item 6:Wewangian]
Item ini penting banget gw. Bikin mood membaik dan kamar jadi jauh lebih nyaman. Gw punya alat diffuser, lilin aromaterapi dan penyemprot otomat yang sering bikin kaget :D. Pilih wangi yang lembut ya biar ga saling tumpang tindih yang malah bikin pusing.
Tips 6: Pilih lilin dan alat diffuser dengan bentuk unik yang bisa menambah estetika kamar. Untuk essence oil gw beli yang merek Utama Spice. Relatif mahal tapi jadinya hemat penggunaan hanya perlu 2-3 tetes.
21. [Item 7: Dekorasi]
Dekorasi jg membantu menambah rasa nyaman. Gw pajang pigura foto dan snow globe dari hasil keliling2 selama ini.

Tips 7: Gw chat fotografer di IG buat kirim hasil jepretan dia via email untuk gw print. Dia kirim dengan catatan untuk dipakai pribadi saja.
22. [ITEM 8 :Cable Organizer]
Di kamar pasti rame dengan kabel tv, charger & lampu. Usahakan kabel tersebut terkonsentrasi di 1 atau 2 titik saja. Kabel yang seliweran & numpuk cenderung bikin kamar kelihatan berantakan.

Tips 8 : Beli wadah spesial untuk kabel supaya kelihatan..
23. .. rapi. Beli cliper untuk kabel yang melintang dan kelihatan jelas. Tips lainnya adalah dengan menyembunyikan kabel di belakang furniture sehingga tersamar dan ga terlalu kelihatan
24. [ULTIMATE TIPS]:
Semua tips dari gw ga bakal berguna kalau kita ga menjaga kebersihan dan kerapihan kamar. Tentu pada bisa dong karena bersih & rapi ga perlu ngeluarin duit sepeserpun. Ntar kalau mau tips lain, gw buatin thread tips untuk ruang tamu. Thanks

- akhir thread -
I will post some other tips buat kamar semakin nyaman:

[TIPS]: Mix essence oil Lemongrass (sereh) + Mint untuk aroma seperti di hotel 🥰
[TIPS]: Gunakan Air Humidifier untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan untuk menghindari kulit kering, iritasi, asma hingga sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh udara yang terlalu kering (biasanya karena penggunaan AC yang terus menerus di dalam ruangan).
You can follow @gerhardhulu.
Tip: mention @twtextapp on a Twitter thread with the keyword “unroll” to get a link to it.

Latest Threads Unrolled:

By continuing to use the site, you are consenting to the use of cookies as explained in our Cookie Policy to improve your experience.